Laporkan Masalah

INTEGRASI KEADILAN ORGANISASI DAN KEPERCAYAAN (TRUST) DALAM MODEL KESUKSESAN SISTEM INFORMASI: UJI EMPIRIS DALAM PERBELANJAAN ONLINE

STEF. PRIAMBUDI D.S., Prof.Dr.Jogiyanto HM, MBA.

2015 | Tesis | S2 Sains Akuntansi

Semakin meluasnya jangkauan internet membuat semakin bertambahnya penjual online. Semakin bertambahnya penjual online membuat tindakan penipuan dalam perbelanjaan online pun bertambah. Kondisi ini membuat penjual online harus bekerja keras untuk meyakinkan konsumen. Penelitian ini menguji bagaimana pengaruh kualitas website dan keadilan organisasi memengaruhi trust dan kepuasan konsumen dan selanjutnya memengaruhi niatan mereka untuk membeli kembali. Pengujian terhadap 178 responden yang memenuhi kriteria dilakukan dengan menggunakan metode structural equation model. Hasil pengujian menunjukkan distributive justice dan procedural justice memengaruhi trust konsumen.Distributive justice dan interactional justice memengaruhi kepuasan. Kualitas informasi, kualitas sistem dan kualitas layanan memengaruhi trust konsumen perbelanjaan online.

The more widespread reach of the Internet makes the increase of online sellers. The increasing number of online sellers make acts of fraud in online shopping is greatly increased. These conditions make online sellers have to work hard to convince consumers. This study examines how the influence of the quality of the website and organizational justice affect trust and consumer satisfaction and further affect their intention to repurchase. Tests on 178 respondents who met the criteria were calculated using structural equation models. The test results showed distributive justice and procedural justice affect trust konsumen. Distributive justice and interactional justice affect satisfaction. Information quality, system quality and service quality affects consumer trust of online shopping.

Kata Kunci : Organizational Justice, Website Quality, Online Shop, DeLone and McLean.