Laporkan Masalah

Potret Reputasi Lingkungan Sosial dan Budaya Kota Yogyakarta dalam Perspektif Wartawan Studi Reputasi pada Kota Yogyakarta

ISMAWATI RETNO W, Dosen Pembimbing I: Dr. Phil. Hermin Indah Wahyuni, M.Si; Dosen Pembimbing II: Drs. I Gusti Ngurah Putra, M.A

2015 | Tesis | S2 Ilmu Komunikasi

ABSTRAK Konsekuensi dari globalisasi, setiap kota dihadapkan pada tantangan dan daya saing untuk saling berkompetisi satu sama bagai sumber daya yang kompetitif. Reputasi yang baik akan mempermudah sebuah kota untuk menarik minat pemangku kepentingan dan menunjang keberhasilan di panggung kompetisi dunia. Penelitian berusaha memahami sejauhmana reputasi lingkungan sosial dan budaya Kota Yogyakarta menurut pandangan para wartawan. Reputasi lingkungan sosial dan budaya Kota Yogyakarta terbentuk dari identitasnya yang unik dan citra yang diproyeksikan secara konsisten kepada publik. Reputasi lingkungan sosial dan budaya Kota Yogyakarta didorong faktor pembentuknya yaitu Soft power dan Competitive Identity. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif untuk mengeksplorasi soft power dan competitive identity dari Kota Yogyakarta. Soft power bagi Kota Yogyakarta tercermin dari nilai-nilai dalam keseharian masyarakat yang hidup dalam kultur Jawa. Competitive Identity di Kota Yogyakarta berakar dari identitasnya sebagai kota yang menjadi pusat kebudayaan Jawa. Perpaduan sejarah masa lalu dengan perkembangan modernitas menjadi identitas yang unik bagi Kota Yogyakarta. Reputasi Kota Yogyakarta yang disajikan dari pemahaman wartawan menunjukkan bahwa nilai-nilai tradisi budaya adiluhung yang tertanam dalam kehidupan sosial masyarakat sejak ratusan tahun, telah membentuk reputasi sebagai kota yang berkarakter kuat.

ABSTRACT The consequences of globalization in every town exposed to challenges and competitiveness for mutual competed together as a competitive resource. A good reputation makes a city to attract the interest of stakeholders and support the success on the stage of world competition. The research seeks to understand the sejauhmana reputation of the social and cultural environment of the city according to the view of the journalists. The reputation of the social and cultural environment of the city is made up of a unique identity and image projected on a consistent basis to the public. The reputation of the social and cultural environment of the city pushed constituent factors i.e. Soft power and Competitive Identity. This research was done with a qualitative approach to explore the soft power and the competitive identity of Yogyakarta city. Soft power for the city reflected the values in everyday life of communities living in Java culture. Competitive Identity rooted in Yogyakarta city from its identity as a city that became a center of Javanese culture. The combination of past history with modernity into a unique identity for the city of Yogyakarta. The reputation of the city of Yogyakarta, which is served from the grasp of journalists showed that values their cultural traditions that are embedded in the social life of the community since hundreds of years, has established a reputation as a city of strong character.

Kata Kunci : reputasi kota, lingkungan sosial dan budaya, Kota Yogyakarta, soft power, competitive identity/the reputation of the city, the social and cultural environment, the city of Yogyakarta, soft power, competitive identity