Laporkan Masalah

PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA YOGYAKARTA

JAKA SUSANTA, Wakhid Slamet Ciptono, MBA., MPM., Ph.D.

2016 | Tesis | S2 Manajemen

Pariwisata merupakan sektor yang sangat strategis dan potensial. Meskipun demikian teknologi telah mengubah perilaku wisatawan dan cara mereka dalam menikmati pengalaman dalam destinasi. Penelitian ini mempelajari wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta dan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. Internet dan media sosial merupakan kunci perubahan dalam industri pariwisata termasuk hotel, pengelola destinasi, jasa penerbangan dan lain lain. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar wisatawan dalam sampel telah mengadopsi teknologi informasi dan komunikasi. Responden telah menggunakan teknologi sebelum melaksanakan perjalanan dalam penyusunan rencana perjalanan, melakukan reservasi hotel, trnsportasi dan destinasi. Mereka juga menggunakan teknologi selama menikmati destinasi seperti meng-upload foto, video dan memperbaharui status. Bahkan mereka tetap melanjutkan penggunaan teknologi setelah perjalanan untuk berbagi pengalaman dan memberikan rekomendasi. Perencanaan strategis dalam Perda No 1 Tahun 2012 memuat peran teknologi untuk bidang pemasaran dengn konsep e-marketing, tetpi masih perlu diperluas untuk memperkaya pengalaman berwisata untuk penciptaan bersama dalam menikmati penglaman berwisata yang lebih baik. Teknologi mempunyai potensi untuk meningkatkan pengalaman wisatawan dan meningkatkan keunggulan kompetitif Yogyakarta seperti visi Yogyakarta sebagai destinasi pariwisata berbasis budaya terkemuka di Asia Tenggara. Kata kunci: pariwisata, teknologi informasi dan komunikasi, pengalaman destinasi, internet 2.0, media sosial, ko-kreasi.

Tourism is a strategic and potential sector. However technology transforming tourist behavior and their ways to experience destinations. This study explore the tourist in Yogyakarta and their adoption of the information and communication technology. Internet and social media are the keys change tourism industry including hotels, destination management organization, airlines and others. The result of this study find that most of the tourist in the sample already adopting information and communication technology. The respondents use the technology before traveling as tools for planning, reservation for hotel, transportation, and destination. They also using technology during experiencing the destination for upload photos, videos, and status update. Even they keep continue using technology after traveling for sharing and recommendation. The strategic planning in Perda No 1 Tahun 2012 highlight technology for marketing perspective with e-marketing concept, but need to be expand for enrich the experience of the visitors for co-creation of the better experience the destination. Technology have a potential to enhance tourist experience and improve competitive advantage of Yogyakarta as their vision to take Yogyakarta as the leader tourism destination in the Region. Keywords: tourism, information & communication technology, experience destination, internet 2.0, social media, co-creation.

Kata Kunci : tourism, information & communication technology, experience destination, internet 2.0, social media, co-creation.