Laporkan Masalah

Pengelolaan Media Sosial dalam Mewujudkan Good Governance (Studi Kasus Pengelolaan Media Sosial LAPOR! sebagai Sarana Aspirasi dan Pengaduan Rakyat secara Online Oleh Deputi I Kantor Staf Presiden)

ANINDITA LINTANG PAKUNINGJATI, Rahayu S.IP, M.Si, M.A

2015 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASI

Penelitian ini akan membahas mengenai pengelolaan media sosial LAPOR! untuk layanan aduan dan aspirasi masyarakat pada pemerintahan. LAPOR! (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat) merupakan sebuah media sosial yang lahir karena kebutuhan jembatan komunikasi antara pemerintah dengan publik sebagai salah satu bentuk komunikasi politiknya. Pemerintah di era modern ini mengahadapi publik yang tidak lagi pasif saja namun lebih aktif dan proaktif mengawasi kinerjanya. Selama kurun waktu 2012 hingga 2014, Ombudsman mencatat terdapat peningkatan jumlah laporan pengaduan masyarakat terkait pelayanan publik sebesar 350 persen. Peningkatan kritisme masyarakat ini merupakan sinyal positif pemerintah di dalam mencapai salah satu cita-citanya mewujudkan good governance atau pengelolaan pemerintah yang lebih baik. Media sosial kemudian hadir sebagai jawaban yang dinilai tepat atas kebutuhan jembatan komunikasi tersebut. Namun, ulasan mengenai pengelolaan media sosial sebagai media aduan dan aspirasi masyarakat belum banyak dilakukan. Apalagi, secara khusus LAPOR! merupakan sebuah media sosial aduan dan aspirasi yang terintegrasi secara nasional. Fenomena ini menjadi sebuah fenomena baru dan menarik untuk diteliti. Penelitian ini akan menjawab pertanyaan penelitian "Bagaimana Kantor Staf Presiden mengelola media sosial LAPOR! sebagai sarana aspirasi dan pengaduan rakyat secara online?". Penelitian dilakukan dengan metode studi kasus sedangkan, pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara mendalam dengan pengelola LAPOR! dan pengumpulan data dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan media sosial sebagai layanan aspirasi dan aduan terintegrasi nasional guna mendukung terwujudnya good governance. Kata Kunci: media sosial, pengelolaan media sosial, good governance, complaint handling mecanism

This research discusses about the management of social media named LAPOR! used for the aspiration and complaint handling system in government. LAPOR! (In bahasa stands for Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat) is a social media which born due to a need of a medium for communication between government and the public as a form of its political communication. The modern government nowadays face an active public that will always give a huge attention and keep monitoring their government activity. From 2012 to 2014, Ombudsman noted that there was a high increasing of public's report about public services for about 350 percent. This incresing number of the public's critism shows a positive signal for the government to achieve their goal to make a good governance or a better governance's management. Social media is chosen as the best answer for the need of medium for communication there. On the other side, the discussion and review about the social media management as an aspiration and complaint handling system still rare. Moreover, LAPOR! is the first complaint handling system that integrated in national range. In brief, LAPOR! is a unique and new phenomena to be reasearched. This research will answer a research question which is "How the Presidential Staff Office manage the social media named LAPOR! as a medium for aspiration and complaint handling online system ?". This research uses a case study metode and uses both deepinterview and documentary study to collect its data.The goal of this research is to know the management of social media as the medium for aspiration and complaint handling system to achieve a good governance. Keywords: social media, management of social media, good governance, complaint handling system

Kata Kunci : social media, management of social media, good governance, complaint handling system