Laporkan Masalah

ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR KUALITAS APLIKASI MOBILE GO-JEK TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA AKHIR UNTUK PENINGKATAN KINERJA BISNIS PERUSAHAAN

JOHANES TONO PRIHANT, Wahyu Sardjono, M.M., Dr.

2015 | Tesis | S2 Manajemen

Aplikasi mobile memiliki keunggulan berupa tampilan yang lebih sederhana dan minimalis, interaksi dengan pengguna yang lebih dinamis, dan dukungan terhadap pemetaan lokasi apabila dibandingkan dengan sebuah situs. PT. GO-JEK Indonesia yang bergerak di bidang jasa layanan transportasi darat meluncurkan aplikasi mobile GO-JEK berbasis android dan iOS sebagai perantara yang menghubungkan antara pengendara ojek dengan pelanggan. Hingga Maret 2015, masih terdapat selisih yang sangat besar antara jumlah pengguna telepon genggam dengan jumlah pengunduh aplikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi indikator-indikator dan faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas aplikasi GO-JEK, serta menentukan model yang mampu menjelaskan secara praktis kepuasan pengguna aplikasi. Penelitian bersifat deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode analisis faktor eksploratori dan analisis regresi. Lokasi penelitian dilakukan di Jabodetabek dan berhasil menjaring 96 responden yang valid. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat 23 indikator dan tiga faktor yang menentukan kualitas aplikasi. Ketiga faktor tersebut adalah sistem dan informasi, efek kepada pengguna, dan promosi. Ketiga faktor tersebut terbukti mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan pengguna akhir dan pelanggan GO-JEK. Dengan lebih memperhatikan tiga faktor tersebut, perusahaan dapat lebih meningkatkan kinerja bisnisnya. Selain menciptakan lapangan pekerjaan baru, kehadiran GO-JEK diharapkan dapat menjadi solusi alternatif transportasi umum di kota besar dan mampu mengimplementasikan teknologi informasi yang mendukung kelestarian lingkungan hidup (Green IT).

Mobile applications have some advantages compared to websites such as a simple and minimalist display, the user interaction is more dynamic and the support of location-mapping. PT GO-JEK Indonesia is a transportation service company which launched GO-JEK mobile applications for Android and iOS as an intermediary that connects the motorcycle riders with the customers. Until March 2015, there was still a huge difference between the number of mobile phone users compared to the number of application downloads. This study aims to identify the indicators and factors that affect the quality of GO-JEK applications, as well as determining a model that can explain the practical application of user satisfaction. This research is descriptive quantitative using exploratory factor analysis and regression analysis method of research. The study was performed in Jabodetabek and managed to capture 96 valid respondents. The conclusion from this study is that there are 23 indicators and three factors that determine the quality of the application. Those three factors are system and information, user impact, and promotion. These three factors are shown to have a positive impact on end-user satisfaction and GO-JEK customers. With more attention towards these three factors, the company could improve its business performance further. Beside of provides new job opportunity, GO-JEK hopefully can be alternative solution as public transportation in big cities and become green IT implementer.

Kata Kunci : mobile applications, service quality, user satisfaction, WebQual, exploratory factor analysis, regression analysis, system and information, user impact, promotion, green IT