Laporkan Masalah

Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif Di Perguruan Tinggi Negeri Indonesia, Studi Komparasi UIN Sunan Kalijaga, Universitas Brawijaya dan Universitas Gadjah Mada

RIANDA ABDI, Janianton Damanik ; Susi Daryanti

2015 | Tesis | S2 PEMBANGUNAN SOSIAL DAN KESEJAHTERAAN

Implementasi kebijakan pendidikan inklusif di perguruan tinggi diprakarsai sebagai jawaban atas terbatasnya sarana pendidikan luar biasa di tingkatan perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan pendidikan inklusif di perguruan tinggi di Indonesia. Aspek yang diteliti meliputi; lembaga pelaksana kebijakan, interpretasi kebijakan, implementasi kebijakan dan dampak serta penerimaan dari kebijakan. Penelitian ini dilakukan di tiga perguruan tinggi negeri yaitu Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Universitas Brawijaya Malang dan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan dekriptif studi komparasi. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Meskipun memiliki dasar peraturan yang sama mengenai penyelenggaran pendidikan inklusif namun terdapat perbedaan interpretasi dalam membentuk lembaga pelaksana kebijakan. UIN Sunan Kalijaga dengan Pusat Layanan Difabel (PLD), Universitas Brawijaya dengan Pusat Studi Layanan Difabel (PSLD) dan Universitas Gadjah Mada dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Peduli Difabel. Aspek implementasi kebijakan pada tiga lokasi tersebut masih terdapat kekurangan pada segi content of policy sementara pada sisi context of implementation dapat dikatakan baik. Dampak kebijakan menunjukkan tren naiknya minat pendaftar perguruan tinggi sementara penerimaan lingkungan menunjukkan hasil yang positif yaitu mulai diterimanya keberadaan difabel diantara mahasiswa perguruan tinggi negeri yang diteliti.

Implementation of inclusive education policies in universities is initiated in response to the limited means of special education at the college level. This research aims to analyze the policy of inclusive education in universities in Indonesia. Aspect which examined included; implementing agency policies, policy interpretation, policy implementation and the impact and acceptance of the policy. This research was conducted at three universities that Sunan Kalijaga State Islamic University (UIN SUKA), Brawijaya University (UB) and the Universitas Gadjah Mada (UGM). The method used in this research is an approach to qualitative research methods descriptive comparative study. Collecting data in the research using the technique of interview, observation and documentation study. Though it has the same basic rules regarding the delivery of inclusive education, but there are differences in interpretation in shaping policy implementing agencies.UIN Sunan Kalijaga with Pusat Layanan Difabel (PLD), UB with Pusat Studi Layanan Difabel (PSLD) and Universitas Gadjah Mada with Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Peduli Difabel. Aspects of policy implementation at three locations there are still shortcomings in terms of content of policy while on the context of implementation can be said to be good. The impact of the policy shows the trend of rising interest in the college registrar while the reception environments showed positive results, it looks from acceptance of disabilities among college students studied country.

Kata Kunci : implementasi kebijakan, pendidikan inklusif, difabel.

  1. S2-2015-356419-abstract.pdf  
  2. S2-2015-356419-bibliography.pdf  
  3. S2-2015-356419-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2015-356419-title.pdf