Laporkan Masalah

PENGENALAN BAHASA MANDARIN DI KELAS SEPULUH DAN SEBELAS MADRASAH ALIYAH (MA) CILENDEK KOTA TASIKMALAYA

RISMA JAHROTUL P., Frida Anis Handayani, B.Ed., M.TCSOL.

2015 | Tugas Akhir | D3 BAHASA MANDARIN SV

Tugas akhir yang berjudul Pengenalan bahasa Mandarin di kelas sepuluh dan sebelas MA Cilendek ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa MA Cilendek terhadap bahasa Mandarin. Proses pembelajaran dalam pengenalan bahasa Mandarin tidak begitu sulit, meskipun ada beberapa kendala yang membuat siswa dan pengajar tidak merasa nyaman. Proses pengenalan bahasa Mandarin untuk kelas sepuluh dan sebelas MA Ciendek mencakup beberapa proses, yaitu : adanya bahan ajar yang dipelajari, macam-macam metode pembelajaran dan kendala yang dihadapi selama proses pembelajaran bahasa Mandarin tersebut.

This text with title Introduction of Mandarin language to 10th and 11th grade at MA Cilendek Tasikmalaya City is the result from the writer’s research. The purpose of this research is to understand the student’s responses toward Mandarin lesson. Learning process to introduce Mandarin language is not really difficult, although there is some constraint and obstacle that is not compertable for the students and the teacher. To introduce mandarin language at 10th and 11th grade is including several process : first, there is materials to learn for. Second, there is various learning methods and constraints that must be dealt during the process of Mandarin learning.

Kata Kunci : pengenalan, bahasa Mandarin, MA Cilendek, bahan ajar, respon siswa/introducing Mandarin, MA Cilendek, teaching, materials to learn, students response

  1. D3-2015-336192-abstract.pdf  
  2. D3-2015-336192-bibliography.pdf  
  3. D3-2015-336192-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2015-336192-title.pdf