Laporkan Masalah

Pengembangan Rencana Strategis Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (Renstra SI/TI) Sebagai Pendukung Manajemen di Rumah Sakit Grand MEDISTRA Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang

IRMAYANI, Dr. Ir. Eko Nugroho, M. Si ; dr. Lutfan Lazuardi, M. Kes, Ph. D

2015 | Tesis | S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat

Latar Belakang :. Organisasi yang baik adalah yang memiliki tujuan (goals) jelas berdasarkan visi dan misi yang disepakati oleh para pendirinya. Untuk mewujudkan tujuan tersebut dibutuhkan cara untuk mencapainya, yang lazim disebut sebagai strategi. Rencana strategis membantu organisasi merumuskan strategi yang lebih baik melalui pendekatan yang lebih sistematis, logis dan rasional. Sistem SI/TI yang di bangun tanpa perencanaan yang baik akan sulit terintegrasi, kurang efektif dan efisien, dan dapat menjadi kerugian finansial karena investasi yang tidak sesuai prioritas. Renstra SI/TI akan memberikan panduan secara umum dalam membangun dan mengembangkan sistem informasi rumah sakit pada masa yang akan datang. Tujuan :Penelitian ini bertujuan untuk menyusun Rencana Strategis Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (Renstra SI/TI) yang digunakan sebagai acuan pengembangan SI/TI di RS. Grand MEDISTRA Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang. Metode :Penelitian ini merupakan penelitian collaborative action research. Penelitian ini dilakukan di RS. Grand MEDISTRA Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang. Penelitian dilakukan dengan metode wawancara mendalam kepada user, staf IT dan direktur RS, Focus Group Discussion (FGD) kepada manajemen, observasi serta telaah dokumen. Hasil : RS. Grand MEDISTRA Lubuk Pakam telah menerapkan SIMRS untuk menunjang layanan kepada pasien. Kondisi sistem informasi yang ada, masih perlunya dilakukan pengembangan terhadap modul aplikasi yang ada, penambahan SDM untuk mengelola SIM, peningkatan pengetahuan user melalui pelatihan, belum adanya bidang khusus yang menangani SI/TI, SOP SI/TI belum ada, belum adanya renstra SI/TI, infrastruktur SI/TI sudah baik sehingga pengembangan SI/TI sangat dimungkinkan. Kesimpulan : Visi SI/TI RS. Grand MEDISTRA Lubuk Pakam adalah pencapaian pelayanan profesional melalui SI/TI yang maksimal dengan misi menjadikan prioritas pengembangan SI/TI, peningkatan sarana prasarana penunjang SI/TI, efektivitas dan efisiensi layanan medis, serta kompetensi SDM. Strategi yang dilakukan diantaranya membuat renstra SI/TI, pengembangan portfolio TI, tata kelola SI/TI, pembuatan SOP SI/TI, serta pengembangan modul aplikasi yang ada.

Background : Good organization is the one that has goals clearly based on the vision and mission as agreed by the founders. To realize these goals required a way to achieve it, which is commonly referred to as the strategy. The strategic plan helps organizations formulate better strategies through a more systematic approach, logical and rational. IS/IT systems that is built without proper planning would be difficult to integrated, less effective and efficient, and can be causing financial losses because of investments that are not in order of priority. Strategic Plan IS/IT will provide general guidance in establishing and developing the hospital information system in the future. Objective : This study aimed to develop a Strategic Plan for Information Systems and Information Technology (Strategic IS/IT) that is used as a reference for the development of the IS/IT at the Grand MEDISTRA Hospital in Lubuk Pakam Deli Serdang. Methods : This study is a collaborative action research. This research was conducted at the Grand MEDISTRA Hospital in Lubuk Pakam Deli Serdang. The study was conducted by in-depth interviews to users, IT staff and director of the hospital, Focus Group Discussion (FGD) to hospital management, observation and document analysis. Results : Grand MEDISTRA Lubuk Pakam Hospital have applied Information System of Hospital to support services to patients. The condition of existing information systems, still need to do a development of the existing application modules, additional human resources to manage the information system, increase user knowledge through training, the absence of specific fields who deal IS/IT, SOP IS/IT yet, the lack of strategic planning of IS/IT infrastructure IS/IT is good so that the development of the IS/IT is possible to do. Conclusion : Vision IS / IT of Grand MEDISTRA Lubuk Pakam Hospital is the attainment of professional services through maximum IS/IT with a mission to make the priority development of the IS/IT, improvement of supporting infrastructure of IS/IT, effectiveness and efficiency of medical services, as well as human resource competence. The strategy is to make a strategic plan of IS/IT, IS/IT portfolio development, management of IS/IT, manufacturing SOP of IS/IT, as well as the development of existing application modules. Keywords: management information system, analysis of IS/IT, strategic planning of IS/IT hospital.

Kata Kunci : Sistem infromasi manajemen, analisis SI/TI, perencanaan strategis SI/TI rumah sakit.