Laporkan Masalah

Analisis Pengaruh Iklan Kreatif Pada Brand Recall: Sebuah Studi Pada Iklan Pemenang Citra Pariwara

WIKAN WICAKSONO BHERBUDI, Slamet Santoso Sarwono, Dr., M.B.A.

2015 | Tesis | S2 Manajemen

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh iklan kreatif pada brand recall iklan tersebut. Iklan kreatif didefinisikan sebagai iklan yang memenangkan penghargaan citra pariwara. Penulis melakukan penelitian dengan cara memperlihatkan tayangan acara tv yang disisipkan beberapa iklan kepada responden. Setelah menyaksikan tayangan tersebut, responden diminta untuk mengisi kuesioner lalu penulis melakukan uji recall iklan terhadap responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara rata-rata iklan kreatif akan sedikit lebih mudah diingat dibandingkan iklan kontrol baik dalam hal recall iklan tanpa bantuan atau dengan bantuan. Namun, perbedaan antara recall iklan kreatif dan iklan kontrol tidak signifikan. Hal ini memiliki dampak manajerial bahwa setiap perusahaan yang akan meluncurkan program komunikasi periklanannya tidak usah memfokuskan pada unsur kreatif iklan tersebut untuk meningkatkan brand recall.

The objective of this research was to evaluate the effect of creative advertisement towards brand recall. Creative advertisement was defined as commercial that have won an award (Citra Pariwara). The researcher conducted the research by showing to the audience a tv program which have been embedded with four commercials at the middle of the tv program. After watching the tv program, the audience was asked to fill in the questionnaire and then the researcher started the recall test. The result showed that in average, the creative advertisement would be slightly more recalled than than the control advertisement in terms of unaided recall and aided recall. However, the difference between creative advertisement's recall and control advertisement's recall was not significant. This condition had a managerial impact that every company which will be launching their advertising communication program are not required to focus on the creative side of the ad to increase the brand recall.

Kata Kunci : iklan kreatif, brand recall


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.