Laporkan Masalah

FORMULASI STRATEGI BERSAING BISNIS LNG PT PERTAMINA (PERSERO) DENGAN PENERAPAN BALANCED SCORECARD

IRMA SURYA, Agus Setiawan, Dr., M.Soc.Sc

2015 | Tesis | S2 Manajemen

Dengan perubahan paradigma energi gas yang sebelumnya gas merupakan komoditi ekspor dan kini dengan meningkatnya kebutuhan gas di dalam negeri, Pertamina mulai mencanangkan pengutamaan gas untuk keperluan di dalam negeri dan hal ini ditangani khusus oleh Direktorat Gas untuk mengintegrasikan pengelolaan bisnis gas yang sebelumnya dikelola saling terpisah. Studi ini mempunyai dua tujuan, yang pertama, bertujuan untuk menentukan formulasi strategi Pertamina di Direktorat Gas Pertamina, dengan cara melakukan analisis SWOT dan analisis Dukungan Industri pada Bisnis LNG. Hasil penelitian menunjukkan bahwa formulasi strategi yang tepat untuk Pertamina Direktorat Gas adalah dengan memanfaatkan kekuatan internal yang ada dan meraih peluang yang menguntungkan dengan formulasi strategi agresif yaitu memperbesar market share dengan menambah jaringan infrastruktur gas/LNG dan terminal regasifikasi yang potensial, memanfaatkan kompetensi dan keahlian guna membangun infrastruktur gas/LNG serta menggunakan hubungan yang baik dengan para pembeli LNG dengan menawarkan kerjasama bisnis gas/LNG. Tujuan kedua yaitu menganalisis ukuran utama empat perspektif BSC dan dihasilkan ukuran utama perspektif keuangan (revenue growth, penurunan biaya, laba growth), konsumen (repeat order), proses bisnis/internal (volume penjualan LNG, volume penjualan gas, commission day, aktual realisasi investasi, volume LNG yang di-secure), pembelajaran dan pertumbuhan (produktivitas karyawan dan transfer knowledge).

With the change of the gas energy paradigm which was previously gas for export commodity and now is focusing to fulfil domestic need, Pertamina starts to prioritize domestic use and it is handled under Gas Directorate in Pertamina. The new directorate goal is to integrate the gas business activity which was previously managed separately. The goal of this research is firstly, to formulate Directorate Gas strategy by having SWOT analysis and Competitive Industry Analysis in LNG business. The result of the research is showing that the recommended strategy formulation is to expand the market share by adding gas/LNG infrastructure network and regasification terminal, to utilize the competence and skill for developing the infrastructure and build the relationship with LNG buyers by offering gas/LNG business cooperation. Second goal of this research is to analyse performance indicator based on four BSC perspective and the result measurement is financial perspective (revenue growth, cost reduction, profit growth), consumer (repeat order), business process/internal (LNG sales volume, gas sales volume, commission day, investment realization, LNG volume secured), learning and growth (employee productivity and transfer of knowledge)

Kata Kunci : SWOT, Balanced Scorecard (financial perspective, customer, internal business process, and learning and growth), company indicator.