Laporkan Masalah

Analisis Pengaruh Jumlah Responden pada Evaluasi Usabilitas Aplikasi Edukasi Anak-Anak dengan Metode Group Usability Testing

Melita Puspitasari, Ir. Rini Dharmastiti, M.Sc., Ph.D. ; Andi Rahadiyan Wijaya, S.T., M.Sc., Lic, Ph.D

2015 | Tesis | S2 Teknik Industri

Dewasa ini teknologi sudah sangat berkembang pada manusia, khususnya anak-anak. Kecenderungan anak-anak menggunakan teknologi informasi dalam kehidupan mereka sehari-hari meningkat drastis. Kini anak-anak mewakili kelompok user yang penting dalam perkembangan desain software/aplikasi. Dalam mendesain software/aplikasi diperlukan sebuah evaluasi usabilitas untuk mengetahui ada atau tidaknya masalah-masalah yang ditemui dalam penggunaan software/aplikasi sehingga dapat dijadikan bahan perbaikan dan improvement desain ke depannya. Penelitian sebelumnya telah dilakukan evaluasi usabilitas pada anak-anak secara individual, sedangkan penelitian ini dilakukan secara berkelompok menggunakan metode group usability testing. Metode ini dilakukan dengan melibatkan beberapa user secara bersama-sama menggunakan sistem dengan mengikuti prosedur/task yang telah diberikan sambil menyampaikan pendapat serta komentar mengenai sistem yang digunakan dan diikuti dengan debriefing. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh jumlah responden terhadap masalah usabilitas yang ditemukan dalam evaluasi usabilitas pada kondisi responden yang berkelompok serta membandingkan hasil jumlah masalah usabilitas yang berhasil diungkap pada responden individu dan kelompok. Subjek yang dilibatkan yaitu anak-anak berkepribadian extrovert dengan usia 10-11 tahun sebanyak 60 orang yang dibentuk dalam kelompok yang beranggotakan 2, 4, dan 6 orang yang saling kenal setiap kelompoknya. Objek penelitian yang diuji adalah aplikasi edukasi Candy Factory yang berbentuk game dan bertujuan untuk membuat permen coklat sesuai dengan bentuk, warna, dan jumlah permintaan permen coklat. Game ini bersifat edukatif bagi siswa sekolah dasar karena memiliki unsur matematika yaitu penjumlahan, perkalian, serta pembagian. Aplikasi edukasi Candy Factory ini dijalankan pada Apple Ipad 2. Hasilnya semakin banyak jumlah anggota kelompok, semakin banyak jumlah masalah usabilitas yang ditemukan sampai dengan jumlah 6 orang perkelompok. Selain itu, jumlah masalah usabilitas yang ditemukan oleh responden berkelompok umumnya lebih banyak dibandingkan dengan responden individual dalam jumlah orang yang sama, sehingga jumlah responden 6 dalam kelompok lebih disarankan karena mampu menemukan masalah usabilitas yang lebih banyak dibanding secara individu serta lebih hemat waktu pengujian karena dilakukan dalam satu waktu. Selain faktor jumlah masalah usabilitas yang ditemukan, terdapat juga faktor waktu menemukan masalah usabilitas dan faktor cost pelaksanaan evaluasi usabilitas. Dari hal ini dapat ditentukan jumlah responden yang ingin dilibatkan tergantung pada kepentingan akan setiap faktor.

The technology is now highly used by people, especially children. The tendency of children to use information technology in their daily lives has increased dramatically. Now the children is representing user groups that are important in the development of design software/application. In designing software/application, an usability evaluation is required to determine whether there’s a problem or not in the use of software/application so it can be repaired and give improvement of design in the future. Previous research has been conducted usability evaluations on children individually, while this research is conducted in groups using group usability testing method. This method is carried out with the involvement of multiple users simultaneously using the system by following the procedure/task that has been given and tell opinions or comments about the systems used and followed by debriefing. This study was conducted to determine the effect of the number of respondents to the problems found in the usability evaluation when the respondents divided into groups and comparing the results of the number of usability problems that successfully found by the individuals and groups. This research involved 60 extrovert children with 10-11 years of age who formed the group consisting of 2, 4, and 6 people who acquainted each other in each group. The object tested is an educational application named Candy Factory, that aims children to make chocolate candy in accordance with the shape, color, and the number of chocolate candy ordered. This game is educational for elementary school students because it has elements of mathematics such as addition, multiplication, and division. Candy Factory educational applications run on Apple Ipad 2. The result shows that the greater number of members in the group, the greater number of usability problems found up to 6 people per group. In addition, the number of usability problem found by the groups are generally more than the individual in the same number of respondent, so that 6 respondents in group are preferred because they are able to find more usability problems than individually as well as more efficient testing time because it is done in one time. Beside the number of usability problems found, there is also the factor of time finding the usability problems and factor of usability evaluation’s cost. From this can be determined the number of respondents will be involved depend on the interest of each factor.

Kata Kunci : Usabilitas, Jumlah Responden, Group Usability Testing, Aplikasi Edukasi, Game, Anak-anak