Laporkan Masalah

Brand Rejuvenation PT. Citilink Indonesia .Tbk (Studi Deskriptif Implementasi Strategi Pemasaran Brand PT. Citilink Indonesia .Tbk melalui Perubahan Elemen Fisik Brand sebagai Maskapai Penerbangan Low Cost Carrier di Indonesia)

ICHLASUL NAUFAL INSANI, Drs. Widodo Agus Setianto, M.Si.

2015 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASI

Persaingan antar industri penerbangan diwarnai dengan kehadiran layanan Low Cost Carrier. Layanan low cost carrier telah berdampak besar bagi industri penerbangan di Asia Pasifik dan ASEAN. Beberapa dampak yang diberikan, pertama persaingan layanan low cost carrier mampu mendorong Perseroan penerbangan yang sudah ada untuk lebih efisien. Kedua, perseroan penerbangan yang sudah ada dapat mengantisipasi persaingan yang disebabkan oleh adanya layanan low cost carrier, termasuk penurunan yang signifikan terhadap harga tiket, meningkatkan kapasitas kursi dan frekuensi penerbangan serta memperkenalkan penerbangan baru point-topoint. Salah satu pemain utama yang menjadi penggerak low cost carrier di Indonesia adalah maskapai penerbangan Citilink. Strategi brand rejuvenation Citlink melibatkan peremajaan merek yakni dengan mengubah elemen merek visual secara fisik seperti nama, logo, slogan dan warna. Strategi rebranding yang dilakukan oleh Citilink bertujuan agar partisipasinya dalam jasa transportasi udara untuk segmen penerbangan berbiaya murah dapat dicermati masyarakat. Pendekatan yang digunakan oleh penulis adalah pendekatan kualtitatif dengan menggunakan metode penelitian studi kasus. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan nama, logo, slogan dan warna pada Citilink dapat dikategorikan positif, memiliki ciri khas, mudah diingat dan berbeda dari maskapai lain. PT. Citilink Indonesia .Tbk sebagai sumber mampu menciptakan pesan yang disampaikan bahwa partisipasi Citilink dalam jasa transportasi udara untuk segmen penerbangan berbiaya murah dapat dicermati oleh masyarakat dalam medium (channel) pembawa pesan pada perubahan elemen fisik brand dari nama Citilink, bentuk logo baru, slogan Better Fly Citilink dan warna baru yakni warna hijau perusahaan yang ditujukan pada konsumen PT. Citilink Indonesia Tbk sebagai komunikan (receiver) dalam pengetahuan citra merek dari perusahaan. Dalam studi kasus perubahan elemen fisik brand pada brand rejuvenation Citilink ini mengandung proses komunikasi dalam perspektif mekanistis secara primer, karena Citilink menggunakan suatu lambang (symbol) berupa nama, logo, slogan, dan warna dalam proses menyampaikan pesan sebagai media atau saluran kepada komunikan yakni konsumen.

Competition between the aviation industry is characterized by the presence of the low cost carrier services. Low-cost carrier has huge implications for the aviation industry in the Asia Pacific region and ASEAN. Some effects are given such as first, low cost carrier competition has encouraged the airlines company to be more efficient. Second, the airlines company can anticipate competition caused by the lowcost carrier services, including a significant decrease in prices, increase seat capacity and frequency of flights as well as introducing new flight point-to-point. One of the major players and drives the low-cost carrier in Indonesia is Citilink. Brand rejuvenation strategy of Citilink involves the brand rejuvenation by changing the physical visual brand elements such as names, logos, slogans and colors. Brand rejuvenation strategy undertaken by Citilink to aim for participation in the air transport services for low-cost airline segment of society can be observed. The approach used by the authors is qualitative approaching by using the case study method. The results showed that the change of name, logo, slogan and colors on Citilink can be categorized as positive, has a characteristic, memorable and distinct from other airlines. PT. Citilink Indonesia .Tbk as a source capable of creating the message that Citilink participation in air transport services for low-cost airline segment can be observed by the public in the medium (channel) messengers to change the physical elements of the brand name "Citilink", form a new logo, slogan "Better Fly Citilink" and the new color of the green companies that are aimed at consumers PT. Citilink Indonesia Tbk as communicants (receiver) in the knowledge of the brand image of the company. In a case study of changes in the physical elements of the brand to brand rejuvenation Citilink contains the communication process in a mechanistic perspective is primary, because Citilink using a symbol (symbol) in the form of a name, logo, slogan, and color in the process of conveying the message as a medium or channel to the communicant that consumers .

Kata Kunci : branding,brand,rebranding,strategi,pemasaran

  1. S1-2015-298090-bibliography.pdf  
  2. S1-2015-298090-title.pdf