Laporkan Masalah

ANALISIS KEBERHASILAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL UNTUK MEMBANGUN MEREK (BRAND BUILDING) THE 7TH HOTEL AND CONVENTION CENTER LAMPUNG

MELISA SANCHIAGOH, Prof. Dr. Marsono, S.U. ; Popi Irawan, S.S., M.Sc.

2015 | Skripsi | S1 PARIWISATA

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keberhasilan penggunaan media sosial dalam menyampaikan pesan dan elemen merek The 7th untuk membangun merek (brand building) dan efektivitas penggunaan media sosial dalam memberikan informasi agar konsumen tetap tertarik untuk mengikuti, merekomendasikan dan mencoba pelayanan The 7th saat operasional nanti. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara. Setelah data terkumpul, data dianalisis menggunakan analisis kuantitatif dengan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan media sosial untuk menyampaikan pesan dan elemen merek sudah berhasil. Namun dari tiga media sosial yang digunakan untuk membangun merek, hanya satu media sosial yang dominan digunakan yaitu Facebook. Ini dibuktikan dengan 70 responden yang mengetahui merek The 7th melalui Facebook. Padahal jika pihak pemasar memaksimalkan ketiga media sosial tersebut, merek The 7th dapat diketahui lebih luas. Pihak pemasar juga jarang mengunggah konten di media sosial sehingga seringkali akun The 7th dianggap sudah tidak aktif oleh responden. Media sosial juga sudah sangat berguna dalam menyampaikan informasi, responden tertarik untuk tetap mengikuti media sosial The 7th bahkan merekomendasikannya ke orang-orang terdekat. Responden juga tertarik untuk mencoba pelayanan The 7th saat operasional nanti. Mayoritas responden tertarik untuk mengikuti media sosial The 7th karena ingin tetap mengetahui promosi dan acara terbaru dari The 7th hotel. Informasi yang dibagikan di media sosial sudah berhasil menjawab rasa ingin tahu responden mengenai merek The 7th.

This study aims to examine; first the success level of using social media in delivering the message of The 7th as well as promoting in terms of brand building, and second the effectiveness using social media as a way to keep consumers attentiveness which purpose to make them try and recommend the hotel service when it launches. This research is considered as a quantitative study. The data is taken from questioners and interviews. As a method of research, the data is analyzed by using quantitative analysis together with descriptive statistic. Result confirms that the use of social media in delivering the message and promoting The 7th is success. Result also shows that out of three social media, Facebook takes major role. It can be seen from 70 respondents who know The 7th through Facebook. It would be better if the marketing department maximize the use of three social media so that consumers know more about the hotel. Another factor that makes The 7th is not really well known by public is the fact of stagnant account which leads to the assumption of an inactive account. Apart from that, the respondents still look forward about product of The 7th through its social media; they also recommend the hotel to their close one. Most of the respondents interested on the hotel promo and the newest event. It can be said that the information about The 7th on its social media answers the respondents curiosity about the hotel brand itself.

Kata Kunci : Efektivitas, Membangun Merek, Media Sosial, Effectivity, Brand Building, Social Media.