Laporkan Masalah

EVALUASI TERHADAP PELAKSANAAN REORGANISASI DI PT PLN (PERSERO) P3B JAWA BALI

ANITA ULFAH, Amin Wibowo, MBA.

2015 | Tesis | S2 Manajemen

Dalam rangka meningkatkan kinerja, perusahaan harus memiliki serangkaian strategi yang tepat, terencana dan dapat diukur. PT PLN (Persero) P3B Jawa Bali melakukan reorganisasi sebagai salah satu strategi dalam upaya meningkatkan kinerja perusahaan. Untuk mengukur hasil kinerja atas reorganisasi yang telah dilaksanakan, penulis melakukan pengukuran kinerja menggunakan metode balanced scorecard. Dalam metode balanced scorecard dipergunakan empat perspektif, yakni keuangan, pelanggan, bisnis internal dan learning & growth dan masing-masing perspektif tersebut kemudian dijabarkan ke dalam indikator-indikator kinerja. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan dilaksanakannya reorganisasi di PT PLN (Persero) P3B Jawa Bali akan dapat meningkatkan kinerja organisasi serta untuk mengetahui masalah-masalah apa saja yang menghambat proses reorganisasi ini serta bagaimana yang sebaiknya dilakukan untuk mengatasinya.

In order to improve its performance, National Electricity Company (PLN) has to implement appropriate, well-planned, and measurable strategy. PLN P3B Java- Bali is currently implementing reorganization as one of its strategy in improving its performance. To analyze its result, author measure company’s performance by using balance scorecard method. This method uses four perspective: financial, customer, internal business and learning & growth. Each of the perspective described into specific performance indicators. This research aims to find out whether the reorganization strategy implemented by PLN P3B Java-Bali able to improve the organizational performance; to see the problems faced during the reorganization process; and to find the appropriate solutions.

Kata Kunci : strategi, reorganisasi, kinerja, balanced scorecard


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.