Laporkan Masalah

ANALISIS PENGARUH EMOSI KONSUMSI PADA KEPUASAN KONSUMEN PRODUK SMARTPHONE SAMSUNG GALAXY SERIES DI YOGYAKARTA

HERVINA SASFIANY, Yulia Arisnani, M.B.A., Ph.D.

2014 | Tesis | S2 Manajemen

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh emosi konsumsi pada kepuasan konsumen produk smartphone Samsung Galaxy Series di Yogyakarta. Emosi konsumsi dibagi menjadi emosi positif pada atribut produk (Atrribute Level-Emotion Positive) (ALEP), emosi negatif pada atribut produk (Atrribute Level-Emotion Negative) (ALEN), emosi positif pada selain atribut produk (Beyond Atrribute Level-Emotion Positive) (BALEP), dan emosi negatif pada selain atribut produk (Beyond Atrribute Level-Emotion Negative) (BALEN). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengguna smartphone Samsung Galaxy Series, penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling yakni sebanyak 380 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t parsial. Hasil penelitian ini menunjukkan diketahui bahwa ALEP tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen smartphone Samsung Galaxy Series, ALEN berpengaruh negatif dan signifikan kepuasan konsumen smartphone Samsung Galaxy Series, BALEP berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen smartphone Samsung Galaxy Series, dan BALEN tidak berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen smartphone Samsung Galaxy Series.

This study aimed to analyze the effect of consumption emotions on customer satisfaction smartphone Samsung Galaxy Series in Yogyakarta. Consumption divided emotions into positive emotions on product attributes (Atrribute-Level Emotion Positive) (ALEP), negative emotions on product attributes (Atrribute- Level Emotion Negative) (ALEN), positive emotions on beyond product attributes (Beyond Atrribute-Level Emotion Positive) (BALEP), and negative emotions on beyond product attributes (Beyond Atrribute-Level Emotion Negative) (BALEN). The sample used in this study is the Samsung Galaxy Series smartphone users, the determination of the sample using purposive sampling method that as many as 380 respondents. The method of analysis used in this study is multiple linear regression analysis to test hypotheses using partial t test. The results of this study indicate that ALEP had no positive effect and unsignificant on customer satisfaction smartphone Samsung Galaxy Series, ALEN had negative effect and significant on customer satisfaction smartphone Samsung Galaxy Series, BALEP had positive effect and significant on customer satisfaction smartphone Samsung Galaxy Series, and BALEN had no negative effect and significant on customer satisfaction smartphone Samsung Galaxy Series.

Kata Kunci : emosi konsumsi, ALEP, ALEN, BALEP, BALEN, dan kepuasan konsumen


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.