Laporkan Masalah

EVALUASI SISTEM PENGUKURAN KINERJAKANTOR PELAYANAN PERBENDAHARAAN NEGARA (STUDI PADA KPPN YOGYAKARTA)

DIAN PUSTAKAWAN, Rusdi Akbar, M.Sc., Ph. D, CMA

2015 | Tesis | S2 Akuntansi

Balanced Scorecard merupakan suatu sistem pengukuran kinerja sekaligus sebagai sistem manajemen strategis yang menyeimbangkan antara ukuran ukuran keuangan dan ukuran ukuran non-keuangan. Balanced Scorecard pada mulanya dikembangkan untuk diterapkan dalam perusahaan perusahaan berorientasi laba. Dalam perkembangannya, balanced scorecard juga digunakan oleh organisasi organisasi nirlaba termasuk organisasi pemerintah dengan beberapa penyesuaian. Kementerian Keuangan khususnya Direktorat Jenderal Perbendaharaan menerapkan Balanced Scorecard sebagai sistem pengukuran kinerja pada semua jenjang eselon baik kantor pusat maupun kantor daerah. KPPN Yogyakarta sebagai kantor vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan menggunakan balanced scorecard sebagai alat untuk mengukur baik kinerja organisaasi maupun kinerja individu dalam memberikan pelayanan kepada para pengguna layanan terutama satuan satuan kerja. Kualitas sistem pengukuran kinerja dapat diukur dari kapasitas teknis dan kemanfaatan dari sistem pengukuran kinerja itu sendiri. Hasil penelitian yang dilakukan pada KPPN Yogyakarta menunjukan bahwa kapasitas teknis sistem pengukuran kinerja yang digunakan saat ini telah memadai untuk menghasilkan informasi kinerja yang akurat. Hal ini dapat dilihat dari pemahaman yang memadai seluruh pimpinan dan staf KPPN Yogyakarta terkait sistem pengukuran kinerja yang digunakan dan kesesuaian antara tugas dan fungsi yang dilaksanakan dengan ukuran kinerja yang digunakan dalam pengukuran kinerja. Berbeda dengan kapasitas teknis sistem pengukuran kinerja, informasi kinerja yang dihasilkan belum dapat dimanfaatkan secara optimal. Hal ini dapat dilihat dari penetapan target kinerja, penyusunan anggaran dan pemberian penghargaan dan sanksi pada pegawai belum didasarkan sepenuhnya pada informasi kinerja. Pengukuran kinerja saat ini masih lebih bersifat formalitas dan belum memberikan nilai tambah yang maksimal bagi kemajuan organisasi.

Balanced Scorecard is a performance measurement system as well as a strategic management system that balances between financial measures and nonfinancial measures. Balanced Scorecard was originally developed to be applied in the profit-oriented company. During its development, the balanced scorecard is also used by non-profit organizations including government organizations with some adjustments. The Ministry of Finance in particular the Directorate General of Treasury implements the Balanced Scorecard as a performance measurement system at all levels of echelon on both headquarter and regional offices. Treasury Office of Yogyakarta (KPPN) as the vertical office of the Directorate General of Treasury has been using the balanced scorecard as a tool to measure both organization performance and individual performance in providing services to the users of the service, especially work unit. The quality of the performance measurement system can be measured from the technical capacity and effectiveness of the performance measurement system itself. Results of research conducted at the Treasury Office Yogyakarta showed that the technical capacity of performance measurement systems in use today have been sufficient to produce accurate performance informations. It can be seen from an adequate understanding the entire management and staff of Treasury Office of Yogyakarta related performance measurement system used and the fit between the tasks and functions carried out with the performance measures used in performance measurement. In contrast to the technical capacity of the performance measurement system, performance information produced are not used optimally. It can be seen from the performance target setting, budgeting, and rewards and sanctions on employees are not based entirely on performance information. Performance measurement is still more formalistic and yet provide maximum added value to the advancement of the organization.

Kata Kunci : Balanced Scorecard, sistem pengukuran kinerja, KPPN Yogyakarta


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.