Laporkan Masalah

EVALUASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA BELANJA ONLINE OLEH MAHASISWA PENGGUNA JASA BELANJA ONLINE DI UNIVERSITAS GADJAH MADA

FATIMAH NATASHA HANDANA, Drs. Haryono, M.Com.; Setiyono, M.B.A., Ph.D.; Syaiful Ali, S.E., M.I.S., Ph.D.

2015 | Skripsi | S1 AKUNTANSI

Media sosial yang kini digunakan sebagai sarana belanja online perlu dievaluasi untuk memberikan informasi yang berguna bagi pengguna maupun calon penggunanya. Penelitian ini mengevaluasi media sosial khususnya Instagram sebagai sarana belanja online pada objek penelitian yaitu mahasiswa pengguna jasa belanja online dengan tujuan memberikan hasil evaluasi mengenai Kualitas Informasi (IQ), Kualitas Sistem (SQ), Kualitas Pelayanan (PQ), Penggunaan (USE), Kepuasan Pemakai (SAT), dan Manfaat Bersih (NB) terhadap mahasiswa Universitas Gadjah Mada dengan menggunakan DeLone and McLean Updated Information System Success Model (2003). Penelitian ini bersifat kuantitatif, menggunakan data primer dengan memberikan kuisioner kepada 250 mahasiswa pengguna jasa belanja online Instagram. Analisis data dilakukan dengan Structural Equation Model (SEM) menggunakan AMOS 19. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap Pemakaian selain itu Kualitas Sistem dan Pemakaian juga tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pemakai. Hal tersebut terjadi dikarenakan pelayanan yang diberikan oleh Instagram hanyalah sebatas online atau tidak bertatap muka secara langsung, sehingga beberapa pengguna belum dapat merasakan kepuasan yang maksimal dari berbelanja secara online di Instagram.

Social media is now used as online shopping need to be evaluated to provide useful information for users and prospective users. This study evaluates the social media especially Instagram with students who use online shopping as the research object in order to provide evaluation results on Information Quality (IQ), System Quality (SQ), Service Quality (PQ), Use (USE), User Satisfaction (SAT), and Net Benefits (NB) of the Gadjah Mada University students using DeLone and McLean Updated Information System Success Model (2003). This research is quantitative, using primary data by giving questionnaires to 250 Gadjah Mada University students who's Instagram users. Data were analyzed by Structural Equation Model (SEM) using AMOS 19. The results of this study indicate that Service Quality does not significantly influence Use. System Quality and Use also does not significantly influenced on User Satisfaction. This happens because the service provided by Instagram is only limited by online or not to face to face directly, so some users have not been able to feel the maximum satisfaction of online shopping in Instagram.

Kata Kunci : evaluasi sistem, media sosial, belanja online, Instagram, DeLone and McLean Updated Information System Success Model; system evaluation, social media, online shopping, Instagram, DeLone and McLean Updated Information System Success Model