Laporkan Masalah

MANAJEMEN REDAKSIONAL PORTAL KARIR (Studi Kasus terhadap Manajemen Redaksional Career News ECC UGM sebagai Penyedia Berita dan Informasi Karir secara Online)

ANNISA IKA TIWI, Wisnu Martha Adiputra, S.IP. M.Si.

2014 | Skripsi | Ilmu Komunikasi

Berkat perkembangan internet yang kiat pesat, kini penyampaian informasi dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Hal ini tentu saja sangat berdampak bagi kehidupan masyarakat. Salah satunya cara pandang dalam mencari pekerjaan. Jika dahulu para pencari kerja berburu informasi dari media cetak seperti surat kabar, saat ini beragam lowongan kerja terdapat di internet. Senada dengan itu, para penyedia jasa lowongan kerja pun berlomba-lomba untuk menyampaikan lowongan melalui situs web dengan semenarik mungkin. Di tingkat universitas, banyak pula lembaga karir yang merambah dunia online sebagai media publikasi utama mereka mengenai lowongan kerja maupun tips seputar dunia karir. Salah satunya ialah ECC UGM (ecc.ft.ugm.ac.id), lembaga karir milik Fakultas Teknik UGM. Uniknya, ECC UGM tak hanya puas dengan layanan lowongan kerja saja. Lembaga karir ini juga membuat sebuah situs web anakan yakni Career News (careernews.web.id), yang menyajikan berbagai berita dan informasi seputar dunia karir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memaparkan gambaran menyeluruh tentang proses manajemen redaksional situs web Career News untuk menjadikannya sebagai pemberi berita dan informasi karir secara online. Melalui pendekatan kualitatif dalam metode studi kasus, penelitian ini diharapkan dapat menjadi media pembelajaran bagi para pembaca untuk mendapatkan pengetahuan baru mengenai manajemen redaksional situs web karir.

The development of the internet helps information to disseminate faster and easier. This phenomenon has changed the system in society, including job seeking system. Then, job seeker used to troll the newspapers and other printed media to look for job vacancies, but now the can easily do it through the internet. Therefore, to catch their attention, job ads agencies have been creating job seeking website with the most useful and interesting features as possible. In the university level, career advisor agencies have also reached online media to publicize job ads and career tips. One of them is ECC UGM (ecc.ft.ugm.ac.id), a career agency owned by Engineering Faculty of UGM. Beside the main website, ECC UGM also established a sub-site, Career News (careernews.web.id). This research’s purpose is to study and expose the whole process of editorial management of Career News website as an online career news and information provider. Through a qualitative case study, this research is expected to be a platform for the readers to learn about editorial management of a career website.

Kata Kunci : Editorial, Management, Online, Career, ECC UGM


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.