Laporkan Masalah

FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMANFAATAN TWITTER DALAM PROMOSI PERTANIAN KOTA PADA KOMUNITAS JOGJA BERKEBUN

KRISHANDIARA A., Prof. Dr. Ir. Sunarru Samsi Hariadi, M.Si.

2014 | Skripsi | PENYULUHAN & KOMUNIKASI PERTANIAN

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi pemanfaatan Twitter dalam promosi pertanian kota oleh komunitas Jogja Berkebun dan pengaruh pemanfaatan media Twitter oleh komunitas Jogja Berkebun dalam promosi pertanian kota Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik. Pengambilan sampel diambil dari 50 penggiat pengguna Twitter yang merupakan follower @JgjBerkebun sebanyak 25 penggiat dan pengguna Twitter yang non-follower sebanyak 25 penggiat yang dilakukan secara accidental sampling. Analisis data menggunakan regresi berganda dan regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor yang mempengaruhi pemanfaatan Twitter bersifat positif, seperti umur dan persepsi tentang Twitter. Sedangkan pengaruh pemanfaatan Twitter dalam promosi pertanian kota bersifat positif, misal pemanfaatan Twitter dalam penyebaran informasi, memperluas jaringan, dan sebagai media promosi. Faktor tingkat pendidikan, intensitas pekerjaan, persepsi tentang Twitter, persepsi tentang lingkungan Urban Farming tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap pemanfaatan Twitter. Kata kunci : Twitter, Urban Farming, Jogja Berkebun

The purpose of this research is to find out what factors that affect the usage of twitter in promiting urban farming in Jogja Berkebun and influence utilization of twitter by Jogja Berkebun. Basic method used in this research are descriptive analytic method. Samples taken from 50 twitter users which are the followers of @JgjBerkebun. As many as 25 followers and 25 non-followers conducted by accidental sampling. Data analysis using regression and simple regression. The result of this research indicate that factors influencing the usage of twitter is positive, such as age and perception about twitter. Whereas the effect of the use of twitter in the promotion of urban farming is positive, such as the use of twitter in spreading an informations, expanding the network and promotion media. Factor level of education, employment intensity, perception about twitter, perception about urban farming environment have no significant connection to use of twitter. Keyword : Twitter, Urban Farming, Jogja Berkebun

Kata Kunci : Twitter, Urban Farming, Jogja Berkebun


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.