Laporkan Masalah

EVALUASI KESUKSESANE-GOVERNMENTPEMERINTAH PROVINSI DKI JAKARTA: MENGGUNAKAN MODEL DELONE & MCLEAN

MUHAMAD FAJRIAN ALGHIFFARI, Dr. Sumiyana, M.Si., Ak

2014 | Skripsi | AKUNTANSI

Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi kesuksesan teknologi informasi e-government yang melibatkan konsep use dan user satisfaction terhadap net benefityang diterima oleh pengguna berdasarkan data yang dikumpulkan melalui survei penggunaan e-government Pemerintah Provinsi D.K.I Jakarta. Sampel penelitian adalah 320 pengguna e-government Pemerintah Provinsi D.K.I Jakarta. Setelah terbentuk model konseptual yang melibatkan konsep use dan user satisfaction, temuan empiris menunjukan bahwa semakin tinggi tingkat pemakaian dan kepuasan penggunaan secara signifikan berhubungan dengan manfaat bersih yang diterima oleh pengguna e-government. Penelitian ini juga mengkaji information quality, system quality dan service quality yang dapat mempengaruhi use dan user satisfaction. Data dianalisis dengan Structural Equation Modelling (SEM) dengan menggunakan aplikasi AMOS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa information quality, system quality, service quality, use dan user satisfaction merupakan faktor yang mempengaruhi manfaat-manfaat bersih yang diterima oleh pemakai e-government. Penelitian ini diakhiri dengan diskusi tentang implikasi dari temuan ini terhadap layanan e-government.

This research was conducted to evaluate the successful of e-government information technology which involves the concept of use and user satisfaction to the net benefit that received by users based on data collected from a survey the use of e-government D.K.I Jakarta Government Province. The sample of this research is 320 users of e-government D.K.I Jakarta Government Province. After establishment of conceptual model that links use and user satisfaction, the empirical findings show that higher levels of use and user satisfaction are significantly associated with net benefit that received by e-government users. This paper also investigates information quality, system quality and service quality that could affect use and user satisfaction. Data were analyzed with structural equation modelling (SEM) using statistically application AMOS. The result of this research indicated that information quality, system quality, service quality, use and user satisfaction are found to be significant determinants. This study concludes with a discussion of the implications of these findings for e-government services.

Kata Kunci : Net Benefit, Use, User Satisfaction, Information Quality, System Quality, Service Quality, e-government


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.