Laporkan Masalah

ANALISIS PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP PENERIMAAN PASAR PRODUK MINUMAN SUSU KEDELAI CAIR MENGGUNAKAN PENDEKATAN FUZZY AHP (FUZZY ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS)

RETNO DWI ANDRIASTUTI, Dr. Nafis Khuriyati, STP, M.Agr.

2014 | Skripsi | TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN

Setiap perusahaan menginginkan memperoleh laba semaksimal mungkin dan volume penjualan yang meningkat setiap waktunya. Persaingan antar industri saat ini menyebabkan pebisnis dituntut untuk mempunyai strategi yang tepat dalam memenuhi target volume penjualan. Salah satu cara dengan melakukan inovasi produk yang sudah ada melalui pengembangan produk. Hal yang sama juga dilakukan industri “Sari Kedelai Bu Ade”. Saat ini industri “Sari Kedelai Bu Ade” ingin meluncurkan produk baru yaitu susu kedelai cair plus oatmeal dan susu kedelai cair plus bekatul. Untuk mengetahuai bagaimana sikap konsumen terhadap produk baru, perlu dilakukan pengujian pasar terhadap kedua produk baru tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan produk baru manakah yang menjadi prioritas pilihan konsumen susu kedelai di Daerah Istimewa Yogyakarta dan membantu industri “Sari Kedelai Bu Ade” dalam mengambil keputusan produksi. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah metode Fuzzy AHP (Fuzzy Analytical Hierarchy Process). Fuzzy AHP digunakan sebagai alat untuk pembobotan data kualitatif yaitu kriteria-kriteria yang digunakan oleh perusahaan dalam menilai persepsi konsumen terhadap pilihan produk baru. Sehingga dengan menggunakan metode Fuzzy AHP, dapat dilakukan perangkingan alternatif pilihan produk baru yang menjadi prioritas pilihan konsumen. Penelitian diawali dengan perancangan struktur hierarki pemilihan produk baru, wawancara penentuan atribut produk baru, penyebaran kuesioner persepsi konsumen untuk penentuan kriteria dan sub kriteria. Kriteria yang terpilih terdiri dari kemasan, merk, rasa, kandungan gizi, manfaat, warna, aroma, dan daya tahan. Sub kriteria yang terpilih adalah variabel kemasan yang terdiri dari kemasan plastik ditali dan cup gelas disealer. Selain itu variabel manfaat terdiri dari minuman bernutrisi yang bergizi bagi kesehatan tubuh dan minuman yang membantu program diet. Selanjutnya, penyebaran kuesioner AHP, pengujian konsistensi, fuzzifikasi, defuzzifikasi melalui perhitungan crisp dan bobot untuk kriteria, sub kriteria dan alternatif produk baru. Hasil yang didapat berdasarkan persepsi konsumen, kriteria yang paling mempengaruhi pertimbangan konsumen dalam membeli produk susu kedelai cair adalah kandungan gizi. Selain itu berdasarkan pada persepsi konsumen, didapatkan bahwa susu kedelai cair plus oatmeal yang menjadi prioritas pilihan konsumen susu kedelai di Daerah Istimewa Yogyakarta, sehingga dengan mendapatkan informasi tersebut dapat membantu industri “Sari Kedelai Bu Ade”dalam mengambil keputusan produksi. Kata kunci : Pengujian pasar, Persepsi konsumen, Fuzzy Analytical Hierarchy Process

Every company wants maximum profit and sales volume increases every time . The competition among industry currently causing businessman are required to have the right strategy in order to reach sales volume target . That target can be reached by innovate existing products through product development . That step was done by \\"Sari Kedelai Bu Ade’s\\" industry. Now \\"Sari Kedelai Bu Ade’s\\" industry wants to launch a new product that is liquid soybean milk with oatmeal and liquid soybean milk with rice bran. To know how consumer reactions toward new products, it needs to do market testing of the new product. The purpose of this research is to determine which of the two new products that will be consumer choice priority in Yogyakarta and help the \\"Sari Kedelai Bu Ade’s\\" industry in making production decisions . In this research, the approach that used is the method of Fuzzy AHP (Fuzzy Analytical Hierarchy Process). Fuzzy AHP is used as a tool for weighting the qualitative data that the criteria used by companies to assess consumer perceptions of new product options . Therefore, by using Fuzzy AHP method, we can do alternative ranking of new products which is a priority of consumer choice. The research begins by designing a hierarchical structure of the new products selection, interviews to determination of new product attribute, distributing consumer perceptions questionnaires to determine of criteria and sub-criteria. The criteria chosen consists of packaging , brand , flavor , nutritional content , benefit , colors , aroma , and durability. Subcriteria chosen is the variable of packaging, that consists of lace-up plastic packaging and sealered cup glass. In addition, variable of benefits that consist of nutritious drinks for health and drinks that help the diet. Furthermore, distributing AHP questionnaires, consistency testing, fuzzification, defuzzification through crisp and weight calculations for criteria, sub-criteria and alternatives of new products. The results obtained based on consumer perceptionsm, the criteria that most affect consumer considerations in buying a liquid soybean milk product is a nutritional content. In addition, based on the consumers perception, the liquid soybean milk with oatmeal which becomes the consumer choice priority in Yogyakarta, Therefore that information can help “Sari Kedelai Bu Ade’s\\" industry in making decisions production. Keyword : Market testing, Consumer perceptions, Fuzzy Analytical Hierarchy Process

Kata Kunci : Pengujian pasar, Persepsi konsumen, Fuzzy Analytical Hierarchy Process


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.