Laporkan Masalah

IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY PADA WINDOWS PHONE

BAGUS SETO WIGUNO, Janoe Hendarto, Drs., M.Kom

2014 | Skripsi | ILMU KOMPUTER

Augmented Reality (AR) merupakan teknologi yang menggabungkan obyek virtual dengan lingkungan nyata secara 3D. Beratnya komputasi yang dibutuhkan untuk menjalankan AR membuatnya tidak mampu berjalan pada perangkat mobile yang mempunyai kemampuan terbatas. Dengan hadirnya smartphone yang mempunyai kemampuan lebih baik dari pada perangkat mobile pendahulunya memungkinkan menjalankan komputasi yang lebih berat sehingga AR diharapkan dapat berjalan dengan lancar. Dalam penelitian ini akan dibangun sistem AR pada platform Windows Phone yang merupakan salah satu sistem operasi yang berjalan pada smartphone. Sistem dibangun dengan mengadopsi proses-proses yang terdapat pada ARToolkitPlus yang merupakan salah satu library AR. Dalam implementasinya digunakan bantuan library AForge pada beberapa proses seperti deteksi segiempat dan estimasi pose. Selanjutnya dilakukan pengujian untuk menguji ketepatan deteksi marker, pengukuran waktu deteksi marker serta ketepatan orientasi yang dihasilkan oleh sistem AR. Dari hasil pengujian diperoleh bahwa dengan ukuran citra terendah yaitu 160x120 AR berjalan cukup cepat dibandingkan dua ukuran citra lainnya yaitu 640x480 dan 320x240, tetapi dalam ketepatan deteksi marker pada ukuran citra terendah tidak mampu mendeteksi secara tepat seiring meningkatnya jumlah marker. Dengan menggunakan threshold dinamis pada pengecekan pola marker, ketepatan deteksi dengan ukuran citra terendah dapat ditingkatkan sehingga mampu mendeteksi lebih banyak marker secara tepat.

Augmented Reality (AR), a technology that combines virtual object and real environment in 3D, is hardly ran smoothly in mobile devices because it is computationally expensive to make AR run real-time. More powerful devices is needed. Smartphone that has been coming in recent years has faster processor and bigger memory than previous mobile devices is expected to run AR smoothly in real-time. In this study, an Augmented Reality System will be built on Windows Phone which is one of operating system that runs in smartphone. The system will be built based on processes used in ARToolkitPlus, an Augmented Reality library. In the implementation a library called AForge will be used on some process such as quadrilateral detection and estimation pose. Then, some test are performed to verify the correctness of marker detection and pose generated by system also time needed to detect markers will be measured. Test results show that the smallest image size, 160x120, gives faster marker detection than the other two image size which is 640x480 and 320x240, but the correctness of marker detection is decreasing as the number of markers grow. Using dynamic threshold in marker pattern check process can improve the detection resulting markers that are previously not detected in the smallest image size are now correctly detected.

Kata Kunci : Augmented Reality, AR, mobile, smartphone, Windows Phone, marker based


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.