Laporkan Masalah

PENGARUH PERKEMBANGAN GUNA LAHAN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN ARTERI PRIMER DI KABUPATEN SIDOARJO

Eko Andrianto, Arief Setiawan Budi Nugroho, ST, M.Eng, Ph.D.

2014 | Tesis | S2 Teknik Sipil

Pertumbuhan populasi dan ekonomi yang signifikan di Kota Surabaya mengakibatkan ketersediaan lahan yang ada tidak mampu lagi memenuhi kebutuhan penduduk Kota Surabaya. Hal tersebut berdampak pada perkembangan guna lahan di Kabupaten Sidoarjo yang berbatasan dengan Kota Surabaya. Perkembangan guna lahan tersebut berdampak terhadap peningkatan intensitas pergerakan yang cukup signifikan pada ruas jalan arteri primer antara kota Surabaya dengan Kabupaten Sidoarjo, sehingga mempengaruhi kinerja ruas jalan tersebut. Data yang dianalisis pada penelitian ini berupa data sekunder antara tahun 2008- 2012 yang berupa data jenis dan luas guna lahan, jumlah penduduk, arus lalu lintas dan geometrik jalan yang didapatkan dari instansi terkait. Untuk mengetahui hubungan dan pengaruh perkembangan guna lahan permukiman, industri-gudang, fasilitas umum, lain-lain dan jumlah penduduk terhadap kinerja ruas jalan dengan nilai vcr (volume capacity ratio) dan kecepatan sebagai parameternya dilakukan dengan menggunakan metode analisis korelasi pearson product moment, korelasi ganda, korelasi parsial dan regresi linier berganda metode backward . Hubungan antara vcr seluruh ruas jalan di wilayah studi dalam satu kesatuan terdapat hubungan signifikan yang kuat dengan perkembangan guna lahan permukiman dan industri-gudang dengan nilai koefisien korelasi masing-masing sebesar 0,779 dan 0,612. Pengaruh perkembangan guna lahan permukiman, industri-gudang, fasilitas umum dan jumlah penduduk pada seluruh ruas jalan di wilayah studi ditinjau dalam satu kesatuan berpengaruh dalam menentukan perubahan vcr dengan nilai determinasi sebesar 76,1 %

Population and economic growth which is significant in Surabaya resulted in the availability of land that is no longer able to meet the needs of residents of the city of Surabaya. It has an impact on the development of land use in Sidoarjo which bordered by Surabaya. The development of the land use resulted in increased intensity of significant movement on primary arterial roads between the city of Surabaya to Sidoarjo regency, thus affecting the performance of these roads. The data analyzed in this study of secondary data between the years 2008-2012 in the form of data types and extensive land use, population, traffic flow and geometric path obtained from the relevant authorities. To determine the relationship and influence the development of residential land, industrial-warehouse, public facilities, etc., and the number of people on the road performance with value vcr (volume capacity ratio) and speed as its parameters were calculated using Pearson product moment correlation analysis, the double correlation, partial correlation and multiple linear regression backward method. The relationship between the vcr entire roads in the study area in a unity there is a strong significant relationship with the development of residential land use and industrial-warehouse with a correlation coefficient values respectively 0.779 and 0.612. Influence the development of residential land, industrial-warehouse, public facilities and the number of people on the roads in the entire study area is reviewed in a single, influential in determining the change in the value of determination of vcr with 76.1 %

Kata Kunci : performance segment, vcr, speed, land use, correlation, linear regression, the primary artery


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.