Laporkan Masalah

PROMOSI KESEHATAN PEMBIASAAN CUCI TANGAN PAKAI SABUN DALAM PENCEGAHAN PENYAKIT INFEKSI PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SAWANGAN KABUPATEN MAGELANG

RR.NURUL SHITA HAPSARI, dr. Fatwa Sari Tetra Dewi, MPH., PhD.

2014 | Tesis | S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat

Latar Belakang: Mencuci tangan memakai sabun (CTPS) adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah penyakit infeksi seperti infeksi pada saluran pernafasan dan saluran pencernaan. Di Indonesia, baru sekitar 24% masyarakat yang dapat melakukan CTPS dengan benar. Infeksi saluran pernafasan Akut (ISPA) merupakan penyakit terbanyak di Kabupaten Magelang (IR = 125,1). Di samping itu, kesakitan diare (IR = 32,46/1000) lebih tinggi daripada kesakitan diare Provinsi Jawa Tengah (IR = 18,88/1000). Program CTPS berbasis sekolah merupakan prioritas karena mencakup banyak sasaran dan siswa rentan terhadap penularan penyakit infeksi. Di samping itu, siswa dapat menjadi agen perubahan kesehatan. Dibutuhkan suatu metode, media dan kebijakan yang tepat agar CTPS dapat menjadi budaya. Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh promosi kesehatan CTPS melalui pendidikan kesehatan (metode ceramah interaktif dengan media leaflet, demonstrasi, simulasi) yang disertai peraturan untuk melakukan CTPS di sekolah dibandingkan dengan pendidikan kesehatan (metode ceramah interaktif dengan flyer, demonstrasi) tanpa peraturan CTPS di sekolah, terhadap pengetahuan, keterampilan dan kebiasaan siswa SD terhadap kegiatan CTPS. Metode: Jenis penelitian ini kuantitatif, rancangan penelitian eksperimen semu (quasi-experiment) dengan non equivalent pretest and posttest control grup design. Subjek penelitian adalah siswa kelas III dan IV SD Negeri di Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Sampel pada kelompok perlakuan adalah 53 dan kelompok kontrol 47, diambil secara purposive sampling dan memenuhi kriteris inklusi. Instrumen menggunakan kuesioner dan lembar observasi. Data dianalisis menggunakan uji statistik dependent t-test/Wilcoxon test dan independent t-test /Mann-Whitney U test, dengan taraf signifikansi p < 0,05. Hasil penelitian: Pada kelompok perlakuan, terdapat peningkatan pengetahuan, keterampilan dan kebiasaan CTPS, yang secara statistik bermakna pada pengetahuan (p = 0,0001) dan kebiasaan (p = 0,017). Pada kelompok kontrol, terdapat peningkatan pada pengetahuan, keterampilan dan kebiasaan, yang secara statistik bermakna pada pengetahuan (p = 0,0001). Terdapat perbedaan pengetahuan (p = 0,005) dan keterampilan (p = 0,0001) antara kelompok perlakuan dengan kelompok kontrol. Kesimpulan: Promosi kesehatan CTPS melalui pendidikan kesehatan (metode ceramah interaktif dengan leaflet, demonstrasi, simulasi) yang disertai peraturan untuk melakukan CTPS di sekolah terbukti lebih efektif dibandingkan dengan pendidikan kesehatan (ceramah interaktif dengan flyer, demonstrasi) tanpa peraturan CTPS, dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kebiasaan CTPS.

Background : Handwashing with soap (CTPS) is one of the best ways to prevent communicable diseases such as respiratory and foodborne diseases. In Indonesia, only 24% of people do CTPS properly. Acute respiratory infections are the main diseases in Magelang district (IR = 125.1), while the diarrheal disease morbidity (IR = 32.46) is higher than the Central Java province (IR = 18.88). School-based CTPS programs could reach large number of student because of that CTPS are a priority. School student are susceptable to infectious and can be health change agents. It takes an appropriate methods, media and policy that CTPS can be implanted. Objective : To identify the effect of health promotion through health education (interactive lecture method with leaflet media, demonstration and simulation) emphasized by regulation to do CTPS in school compared to health education (interactive lecture method with flyer media, demonstration) without CTPS regulation at school, to the knowledge, skill and habit of primary school students. Methods : This study was a quantitative method, used quasi-experimental research with non-equivalent pretest and posttest control group design. Participant were grade III and IV at Sawangan primary School, Magelang District. Subject of the treatment group consisted of 53 students and control group consisted of 47 students. Samples were taken by purposive sampling with certain inclusion criteria. Instrument using questionnaires and observation sheet. Data were analyzed using statistical tests, dependent t-test/Wilcoxon test and independent t-test/Mann- Whitney U test, with a significance p value < 0.05. Result : There was an increasing of knowledge, skill and habit in the treatment group, and significant differences in knowledge (p = 0,0001), and habit (p = 0,017). There was an increasing of knowledge, skill and habit in the control group, and significant differences in knowledge (p = 0,0001). There were differences in the knowledge (p = 0,005), skill (p = 0.0001) between the treatment group and the control group. Conclusions : Health education (interactive lecture method with leaflet media, demonstration and simulation) emphasized by regulation to do CTPS at school proven to be more effective than health education (interactive lecture method with flyer media, demonstration) without CTPS regulation, to increase the knowledge, skill and habit of primary school students.

Kata Kunci : promosi kesehatan, CTPS, pengetahuan, keterampilan, kebiasaan, pendidikan kesehatan, peraturan CTPS di sekolah


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.