Laporkan Masalah

Sistem Pakar dengan Pendekatan Rule Based untuk Otomatisasi Penyusunan Angka Kredit Instruktur Berbasis WEB (Studi Kasus Direktorat Bina Intala Kemnakertrans)

Cahyani Windarto, Hanung Adi Nugroho, S.T., M.Eng., Ph.D.

2014 | Tesis | S2 Teknik Elektro

Angka kredit adalah jumlah nilai kegiatan atau aktivitas yang harus dikumpulkan oleh instruktur di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI. Instruktur masih mengalami kesulitan dalam penyusunan angka kredit secara manual. Perbedaan pemahaman terhadap aturan penyusunan angka kredit menyebabkan terjadinya kesalahan dalam penghitungan pembobotan kegiatan yang dinilai. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pemodelan sistem pakar yang paling tepat digunakan untuk melakukan otomatisasi dalam membuat keputusan, mengelola informasi, meningkatkan kualitas dan produktivitas instruktur. Perancangan model sistem pakar dilakukan dengan pendekatan rule based pada otomatisasi laporan usulan angka kredit instruktur berbasis web. Representasi pengetahuan instruktur terhadap peraturan dikumpulkan dengan metode rule based untuk membentuk model konsepsi dan desain web yang dikembangkan mengikuti tahapan pembuatan prototipe web dengan pemodelan UML (Unified Modelling Language). Prototipe aplikasi dibangun dengan bahasa pemrograman PHP, database MySQL dan CSS untuk tampilan antar muka. Penelitian ini menghasilkan prototipe iPAK (Intelligent Penyusunan Angka Kredit) yang merupakan sistem cerdas dalam penyusunan angka kredit instruktur yang diaplikasikan dengan pendekatan rule based untuk mendapatkan angka kredit yang mencerminkan prestasi kerja instruktur. Prototipe iPAK menggambarkan tiga aktivitas utama instruktur, tim verifikasi, dan pejabat pengusul. Pengujian prototype dilakukan dengan uji fungsional dan uji validasi data dengan triangulasi sumber data. Prototipe aplikasi telah sesuai dengan fungsi dan tampilan yang diharapkan sehingga pemangku kepentingan merekomendasikan pengembangan aplikasi dalam skala sesungguhnya untuk melakukan otomatisasi penyusunan angka kredit instruktur di tingkat unit kerja.

Credit point is the accumulation value of each item or activity that must be accomplished by instructor in Ministry of Manpower and Trasmigration of Republic Indonesia. Instructors were facing difficulties in preparing credit point manually. Differences understanding of the rules led to the preparation of credit point weighting of error for each activity assessed. Efficiency in the government operations has been a demand of institutional performance assessment. This research aimed to determine the most appropriate expert system model to be used to automate the decision making, manage information, improve the quality and productivity of instructors. The expert system was built by using rulebased approach. A web is created to present this automation approach. Representation of instructor knowledge collected on the rules based method to establish conception models and develop web design follow the prototyping stages of web with modeling of UML (Unified Modeling Language). The prototype application built with the PHP programming language, MySQL database and CSS to display user interface. The study produced a prototype iPAK (Intelligent Formulation of Credit), which is an intelligent system in the preparation of credit poin rate applied instructor with the rule-based approach to obtain the number of credits that reflect the performance of the instructor. IPAK prototype illustrates three main activities of the instructor, the assessment team / verification, and officials of the approver. Testing of the prototype conducted with functional testing and data validation test by triangulation of data sources. Prototype runs in accordance with the expected activity scenarios both in terms of functionality and appearance so that stakeholders recommended to develop a real-scale applications to automate the preparation of credit scoring instructor at the work unit level.

Kata Kunci : Sistem pakar, rule based, angka kredit, otomatisasi.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.