Laporkan Masalah

ARca: PENGEMBANGAN BUKU INTERAKTIF BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA PENGENALAN DAN PEMBELAJARAN CANDI PRAMBANAN DENGAN SMARTPHONE BERBASIS ANDROID

Andria K. Wahyudi, Dr. Ridi Ferdiana, S.T., M.T.

2014 | Tesis | S2 Teknik Elektro

Pelajaran sejarah adalah bagian dari upaya pelestarian budaya dan nilai-niali bangsa. Namun demikian, dalam proses pembelajarannya seringkali kurang diminati untuk dipelajari. Dalam penelitian ini diusulkan salah satu solusi pembelajaran sejarah interaktif dengan nama ARca. ARca merupakan satu kesatuan dari perangkat lunak berbasis Android dan buku fisik sebagai media pembelajaran yang kemudian akan memunculkan informasi model 3D yang merepresentasikan objek candi prambanan yang sesungguhnya, audio, animasi, dan text tambahan sebagai pelengkap informasi dari layar smartphone. Penelitian ini menekankan pada proses pengembangan purwarupa ARca sebagai salah satu studi kasus implementasi augmented reality berbasis teknik markerless based, menerapkan virtual button untuk berinteraksi dengan sistem ARca yang sebelumnya belum pernah diterapkan pada buku pembelajaran, pengujian kemampuan ARca dengan berbagai macam kondisi, dan menerapkan ARca pada situasi yang sesungguhnya dalam dunia pembelajaran yang kemudian dievaluasi tingkat kegunaanya. Hasilnya berupa perangkat lunak untuk smartphone berbasis Android berserta buku fisik atraktif, sebagai media pembelajaran yang dapat menampilkan augmented reality model 3D candi, informasi, dan penjelasan tentang candi Prambanan yang interaktif. Dari hasil pengujian, ARca masih bisa berjalan pada smartphone dengan kemampuan Entry- Level yaitu Processor 1 Ghz, kamera 3.2 MP, OS Android 4.0.4 ICS, mendukung OpenGL ES 2.0, dan RAM 512 sehingga dapat digunakan hampir di setiap jenis smartphone. Berdasarkan pengujian pada responden didapatkan lebih dari 75% menyatakan ketertarikan dalam belajar sejarah menggunakan ARca. Adapun 85% responder menyatakan ARca bermanfaat jika benar-benar diterapkan pada pembelajaran sehingga membuktikan penerapan augmented reality dapat meningkatkan minat pelajar dalam mempelajari candi Prambanan.

Lesson of history is part of the effort to preserve the culture and values of the nation. However, the learning process is often less attractive to be studied. This study proposes one solution to the interactive history learning named ARca. ARca is included combined software and the physical book as a medium of learning, which will bring the information of 3D models that represent the real objects Prambanan temple, audio, animation, and additional text as complementary information. This study emphasizes the process of developing a prototype as one of the case study to implement markerless-based techniques of augmented reality, implement the virtual button to interact with the system that had not been previously applied to books in the past, testing aplication with a variety of conditions, and applying ARca on the real learning situation. The result is a printed version and Android software that allows the interaction beween book and students, which is devoted as a learning medium that can display augmented reality 3D models of temples, information, and an explanation of the Prambanan temple. ARca can be run on a Entry-Level smartphone which is 1 Ghz Processor, 3.2 MP camera, OS Android 4.0.4 ICS, OpenGL ES 2.0 support, and 512 RAM so that it can be used in almost every type of smartphone. Based on the testing of the respondents obtained more than 75% expressed an interest in learning the history by using ARca. The 85% responder States that ARca really useful if applied to learning process, thus proving augmented reality can increase student interest in studying the Prambanan temple.

Kata Kunci : Augmented Reality, Markerless, Virtual Button, Smartphone, Buku Interaktif.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.