Laporkan Masalah

WEBSITE SEBAGAI MEDIA KEHUMASAN (Analisis Isi Website humasprotokol.bantenprov.go.id sebagai Sarana Komunikasi dalam Membangun Reputasi Pemerintah Provinsi Banten periode Januari-Juni 2012)

DENA ASRIYONO, Dr. Phil. Hermin Indah Wahyuni, S.Ip., M.Si

2013 | Skripsi | Ilmu Komunikasi

Adanya pemberitaan negatif mengenai kinerja Pemerintah Provinsi Banten, dapat membawa pandangan buruk bagi pemerintah di provinsi yang baru dibentuk tahun 2000. Pemberitaan negatif tersebut, memberikan suatu perhatian bahwa pemerintah Provinsi Banten sebagai sebuah kelompok lemah. Dampak secara tidak langsung adalah ketidakpercayaan masyarakat akan pemimpinnya dan menjadi ancaman terhadap roda Pemerintahan Provinsi Banten. Media menjadi pilihan bagi humas sebagai jalan membangun reputasi positif bagi Pemprov Banten. Semakin banyaknya penggunaan intenet di Indonesia menuntut pemerintah memanfaatkan internet dalam menunjang aktivitas pemerintahannya. Begitu juga humas pemerintah di Provinsi Banten. Humas Banten memanfaatkan salah satu aplikasi turunan internet, yakni website. Website yang beralamat di www.humasprotokol.bantenprov.go.id ini di fungsikan sebagai sarana dalam membangun komunikasi dan reputasi pemerintah Provinsi Banten . Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode analisis isi kualitatif. Untuk melakukan analisi isi kualitatif peneliti menggunakan coding sheet sebagai alat bantu. Pada coding sheet tersebut, peneliti menggunakan dua unit kajian, yakni unit kajian substansi dan unit kajian teknis. Unit kajian tersebut dikaji untuk memperjelas bagian yang ditekankan dalam penelitian. Hasil analisis menunjukkan adanya bentuk peningkatan reputasi Pemerintahan Provinsi Banten yang terdiri dari identitas dan citra Provinsi Banten. Aktivitas yang dilakukan oleh humas dalam meningkatkan reputasi Pemerintan Banten dijalankan dengan pendekatan tanggung jawab sosial dan praktik manajemen puncak. Sedangkan pemanfaatan website sebagai media kehumasan, oleh humas Banten dimanfaatkan pada bidang komunikasi, promosi dan reputasi. Namun untuk pemanfaatan di bidang reputasi, humas Banten banyak menggunakan pendekatan secara informatif. Idealnya, dalam peningkatan reputasi pendekatan secara persuasif akan lebih sesuai. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangan terhadap penelitian-penelitian lain di masa depan terkait peningkatan reputasi pemerintah, khususnnya dalam media website.

The existence of negative news about the performance of Banten Province Government, can bring a bad perspective for new province was formed in 2000. The negative reports, indicate that the Banten Province Government as a weak organization. The indirect impacts are public distrust in their government can be a threat to the wheel of government. Pubic relations choice media as a way to build a positive reputation for Banten Province Government. Increasing number of internet usage in Indonesia, make the public relations government use the internet as a tool of government activety. As well as public relations of government. Government utilizing one of derivatives of internet, that is website. The website address www.humasprotokol.bantenprov.go.id, is used as a tool to build communication and reputation Bante Province Government. This research was conducted using qualitative content analysis methods. The researcher using the coding sheet as a tool to conduct the research. On the coding sheets, the researcher used two analysis unit , substance and technical unit. Unit anlysis are reviewed to clarify of the emphasis in the study. Analysis results showed improvement of Banten Government reputation, consisting of identity and image. Activity in increasing reputation, conducted by social responsibility approaching and top management performance. Utilization of website as public relations media by the Banten public relations used in area communication, promotion and reputation. However, for use in reputation, public relations Banten use informative approach. Ideally, an increase in reputation using persuassice approach will be more appropriate. This study results are expected to contribute to other studies in the future related to the government’s reputation, especially in website media.

Kata Kunci : Website, reputasi, humas pemerintah, analisis isi kualitatif


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.