Laporkan Masalah

Komunikasi Pemasaran Pariwisata DIY melalui Pemanfaatan E-tourism oleh Swasta dan Pemerintah (Studi Komparatif www. Visitingjogja.com dan www. YogYES.COM)

OKTAFIANI HERLINA, Drs. Kuskridho Ambardi, MA, Ph.D.

2013 | Tesis | S2 Ilmu Politik/Ilmu Komunikasi

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan penetrasi internet dapat memperlancar arus informasi dan mempermudah akses penyelenggaraan pemasaran pariwisata. Pemasaran pariwisata online memberikan kemudahan terhadap akses informasi dan pelayanan bagi konsumen industri pariwisata. E-tourism menyajikan informasi kepariwisataan secara lengkap sehingga dapat dijadikan sebagai panduan untuk merencanakan perjalanan wisata ke suatu daerah dan mempermudah wisatawan dalam memperoleh informasi kepariwisataan seperti destinasi wisata, hotel/penginapan, atraksi wisata, kuliner, rental kendaraan, tour operator, dsb. Sifat e-tourism yang low budget high impact dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan produk dan jasa pariwisata. E-tourism merupakan salah satu tool komunikasi pemasaran pariwisata di DIY yang dapat digunakan oleh pemerintah dan swasta. Konten pemasaran yang informatif, komprehensif, dan menarik dapat menjadi media informasi dan pemasaran pariwisata. Informasi yang disajikan pun harus objektif, akurat, interaktif dan memiliki kecepatan loading dan navigasi yang baik sehingga dapat menarik visitor. Secara keseluruhan konten e-tourism di DIY dilihat dari dua portal pariwisata Visitingjogja.com dan YogYES.COM sudah memberikan informasi kepariwisataan yang lengkap. Dari segi fitur kedua portal ini menyediakan informasi pariwisata yang relatif lengkap sehingga dapat menjadi panduan untuk perjalanan wisata. Namun interaktivitas dan responsivitasnya masih kurang sehingga tidak ada komunikasi dua arah dan feedback informasi. Visitingjogja.com lebih bersifat image building karena merupakan portal pemerintah yang sifatnya public service. YogYES.COM membantu pemasaran produk dan jasa pariwisata dengan sales assistance karena menyediakan catalog.

The development of science and technology and internet penetration can facilitate the flow of information and access to tourism marketing organization. Tourism marketing online provides ease of information access and services for tourism industry consumers. E-tourism presents a complete tourism information so that it can be used as a guide to plan a trip and facilitate the tourists to get the tourism information such as tourist destinations, hotel / lodging, attractions, dining, car rental, tour operators, etc. Characteristic of e-tourism specifically is ‘low budget high impact’ can be used to promote tourism products and services. E-tourism is a tourism marketing communication tool in DIY that can be used by government and private. Website which has an informative and comprehensive content can be a medium of information and tourism marketing as well as attract the visitor to visit. The information presented must be objective, accurate, and interactive. Moreover the website has a speed of loading and good navigation so that it can attract visitors. E-tourism content portal in DIY province viewed from two tourism websites Visitingjogja.com and YogYES.COM has been providing a complete tourism information. Both of them provides the portal feature that have relatively complete information on tourism. However, they still less interactivity and responsivity so there are no two-way communication and feedback information. Visitingjogja.com make his function in image building because it is a government portal which has its role in public service. YogYES.COM help tourism marketing products and services as it provides catalog called sales assistance.

Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran, Pemasaran Pariwisata, E-tourism, Website Pariwisata, Teknologi Informasi dan Komunikasi, interaktivitas, responsitas


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.