Laporkan Masalah

Pemanfaatan Internet Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Band Independen

YESA ASA DELA, Drs. Widodo Agus Setianto, MSi.

2013 | Skripsi | Ilmu Komunikasi

Komunikasi pemasaran merupakan sarana dimana perusahaan berusaha menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung mengenai produk dan merek yang mereka jual. Tidak hanya perusahaan, namun band pun melakukan kegiatan komunikasi pemasaran untuk menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen akan band dan lagu-lagu mereka, khususnya band independent. Band independent yang mengedepankan konsep produksi, distribusi, dan pemasaran secara individual ini memerlukan kegiatan komunikasi pemasaran yang efektif karena konsep yang diusung Sri Plecit. Salah satu kegiatan komunikasi pemasaran yang efektif dilakukan oleh band independent saat ini adalah melakukan kegiatan komunikasi pemasaran melalui Internet. Kemajuan teknologi saat ini telah menciptakan abad digital, pemakaian Internet yang menyebar luas juga teknologi baru akan memberikan dampak dramatis bagi pembeli juga pemasar. Salah satu band independent yang menggunakan kegiatan komunikasi pemasaran ini adalah Sri Plecit. Komunikasi pemasaran melalui Internet ini digunakan oleh band independent Sri Plecit yang berasal dari Yogyakarta, dengan cara melakukan beberapa tahapan yaitu melakukan tahapan komunikasi efektif, dan memilih cara memanfaatkan Internet yaitu dengan menciptakan website sendiri. Pemanfaatan website terbukti efektif karena website tersebut memberikan manfaat seperti biaya pemakaian yang murah, daya jangkauan luas, dan memberikan prestige bagi band independent Sri Plecit. Kegiatan komunikasi pemasaran tidak hanya dapat dilakukan oleh perusahaan, namun juga dapat dilakukan oleh suatu band. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mendeskripsikan pemanfaatan website sebagai media komunikasi pemasaran oleh band independen Sri Plecit. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan penelitian studi kasus dengan strategi deskripsi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan mengkorelasikan hasil penelitian dengan teori yang digunakan. Band Independent memanfaatkan Internet sebagai media komunikasi pemasaran dengan cara menciptakan website sendiri dan memanfaatkan kelebihan Internet seperti biaya pemakaian yang murah, daya jangkau luas, muatan yang banyak. Sri Plecit mampu menginformasikan penggemar mengenai kegiatan mereka, memasarkan lagu mereka, juga memasarkan website mereka dengan 900 pengunjung hingga Mei 2013, 972 kali unduhan lagu hingga Maret 2013.

-

Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran, Band Independen, Internet, Website


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.