Laporkan Masalah

Pengaruh Citra Merek Hijau, Kepuasan Hijau, dan Kepercayaan Hijau pada Ekuitas Merek Hijau Produk Elektronik di Yogyakarta

SHINTIA WIJAYANTI P, Dra. Sari Winahjoe S, M.B.A.

2013 | Skripsi | MANAJEMEN

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh citra merek hijau, kepuasan hijau, dan kepercayaan hijau pada ekuitas merek hijau produk elektronik di Yogyakarta. Penelitian ini juga bertujuan untuk menguji pengaruh mediasi kepuasan hijau dan kepercayaan hijau pada hubungan antara citra merek hijau dengan ekuitas merek hijau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan data dikumpulkan dari responden dengan menggunakan kuesioner. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen yang berdomisili di wilayah Yogyakarta, memiliki pemahaman tentang produk elektronik ramah lingkungan, serta pernah membeli dan menggunakan produk elektronik ramah lingkungan atas dasar keramahlingkungan produk elektronik tersebut. Alat analisis yang digunakan adalah regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citra merek hijau, kepuasan hijau, dan kepercayaan hijau berpengaruh positif pada ekuitas merek hijau produk elektronik di Yogyakarta. Penelitian ini juga menunjukkan adanya pengaruh mediasi parsial kepuasan hijau dan kepercayaan hijau pada hubungan antara citra merek hijau dengan ekuitas merek hijau produk elektronik di Yogyakarta.

This study aims to examine the influence of green brand image, green satisfaction, and green trust toward green brand equity of electronic products in Yogyakarta. This study also examined the mediating effects of green satisfaction and green trust on the relationship between the green brand image and green brand equity. questionnaire This study was conducted using a quantitive approach with a survey method where data is collected using a . Respondents in this study are consumers who domiciled in Yogyakarta, have knowledge about green electronic products, and have bought and used green electronic products based on its enviroment-friendly aspects. The statistical tool in this study were simple regression and multiple regression. Based on regression tests that have been conducted, this study shows green brand image, green satisfaction, and green trust positively effect green brand equity electronic products in Yogyakarta. This study also successfully shows partial mediating effect of green satisfaction and green trust on the relationship between green brand image and green brand equity.

Kata Kunci : citra merek hijau, kepuasan hijau, kepercayaan hijau, ekuitas merek hijau, produk hijau, pemasaran hijau


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.