Laporkan Masalah

KINERJA LEMBAGA OMBUDSMAN DAERAH (LOD) DALAM MENYELESAIKAN PENGADUAN MASYARAKAT BIDANG KESEHATAN TAHUN 2008-2011

Siti Roswati Handayani, SH, Dr. Nunuk Dwi Retnandari

2012 | Tesis | S2 Magister Adm. Publik

SITI ROSWATI HANDAYANI, Kinerja Lembaga Ombudsman Daerah (LOD) Dalam Menyelesaikan Pengaduan Masyarakat Bidang Kesehatan Tahun 2008-2011 (dengan pembimbing Dr. Nunuk Dwi Retnandari) Lembaga Ombudsman Daerah (LOD) lahir berdasarkan inisiatif Gubernur DIY dalam mendorong upaya perbaikan tata pemerintahan dan pelayanan publik yang baik di wilayah DIY. Kehadiran LOD sebagai lembaga pengawas eksternal memiliki tugas dan kewenangan melayani dan menyelesaikan keluhan, laporan, atau informasi dari masyarakat atas keputusan, tindakan dan atau perilaku pejabat atau perilaku aparatur penyelenggara Negara, pemerintah daerah, atau penegak hukum dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang dirasakan tidak adil, diskriminatif, tidak patut, merugikan atau bertentangan dengan hukum. Mengingat besarnya peran yang diberikan kepada LOD maka penulis merasa perlu melakukan penelitian untuk melihat kinerja LOD dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya dalam menyelesaikan pengaduan. Tesis ini mencoba memberikan gambaran secara diskriptif dengan rumusan masalah yang dibahas Kinerja Pelayanan LOD dalam menyelesaikan Pengaduan Masyarakat Bidang Kesehatan Tahun 2008-2011; pemilihan bidang kesehatan menjadi penting karena DIY memiliki keunikan yang berbeda dengan wilayah lain, DIY memiliki lembaga penjamin kesehatan yang lengkap, mulai dari tingkat provinsi dengan JAMKESOS-nya dan JAMKESDA/JPKM di tingkat Kabupaten Kota, serta JAMKESMAS di tingkat Nasional. Lembaga penjamin kesehatan yang ada sudah terstruktur dengan baik, namun tidak dilengkapi dengan lembaga pengawasan yang memadai termasuk tempat komplain masyarakat. LOD hadir sebagai lembaga pengawas melalui penerimaan pengaduan masyarakat, peran yang dilakukan LOD diharapkan cukup memberikan gambaran pelayanan kesehatan yang ada, meski belum memberikan gambaran secara keseluruhan pelayanan kesehatan pemerintah di wilayah DIY, mengingat LOD masih memiliki keterbatasan layanan pada masyarakat yang berada jauh dari pusat layanan maupun sosialisasi kepada masyarakat yang masih terbatas. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa dalam skala mikro kehadiran LOD masih cukup efektif dan efisien dalam menyelesaikan permasalahan pelayanan publik yang dialami masyarakat, LOD masih menjadi pilihan masyarakat karena belum ada lembaga yang sama yang dapat memfasilitasi masyarakat dan pemerintah. Peran LOD dalam mendorong penyelenggaraan pemerintahan yang baik belum secara optimal dapat dilaksanakan, diperlukan pendekatan alternative temasuk dalam menyelesaikan kasus yang bersifat kompleks dan bersinggungan dengan kekuatan politik yang besar.

SITI ROSWATI HANDAYANI, Performance of Local Ombudsman (LOD) to resolve public’s complaints on the Health Sector in Year 2008-2011 (with supervisor Dr. Nunuk Dwi Retnandari) local Ombudsman (LOD) was established based on initiative of the Governor of Yogyakarta to encourage efforts to improve governance and good public services in the province of Yogyakarta. Presence of LOD as an external supervision agency has duty and authority to serve and resolve complaints, reports, or information from people related to decisions, actions and/ or attitude of officials or state apparatus, local government or law enforcement agencies in providing services to people who perceived unfair , discriminatory, inappropriate, harmful or contrary to law. Considering role given to the LOD largely, the writer gave attention to do research to look into LOD’s performance in providing services to people, particularly in resolution those complaints. This thesis descriptively gave an overview with formulation of problem discussed in Performance of LOD’s service to resolve Public’s Complaints on Health Sector in Year 2008-2011; choosing health sector is important because DIY has a distinctly uniqueness than other regions, DIY has institutions guaranteeing health completely, it is began from provincial level with its JAMKESOS and JAMKESDA / JPKM at district/town level and JAMKESMAS at national level. Those existing institutions guaranteeing health sector have been structured well, but they have not been equipped with adequate oversight agencies including people's complaints space. LOD is presented as a watchdog institution to receive public’s complaints,the role performed by LOD will provide an overview of existing health services, although not giving a view in health services done by local government comprehensively, considering the LOD also still has limitations on the public services especially for people living far away from the service center and dissemination for people are also still limited. Result of this research is able to be known in micro-scale that the presence of LOD is still effective and efficient in solving problems of public service experienced by people; LOD is still as people's choice because there are no institutions that can facilitate between common people and government. LOD’s role in promoting good governance is not be optimally implemented yet, needed alternative approach including to resolve complex cases and to touch big political power.

Kata Kunci : -


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.