Laporkan Masalah

EVALUASI KEPUASAN PEJABAT PEMBUAT AKTA TANAH (PPAT) TERHADAP WEBSITE BADAN PERTANAHAN NASIONAL

NUR SOLEKHAH, Dr. Ir. Eko Nugroho, M.Si.

2012 | Tesis | S2 Mag.Tekn.Informasi

Penggunaan teknologi informasi menempatkan sistem informasi sebagai elemen penting dalam aktivitas sehari-hari. Pemerintah memanfaatkan kemajuan teknologi informasi untuk meningkatkan kemampuan mengolah, mengelola, menyalurkan, mendistribusikan informasi, dan pelayanan publik untuk mengeliminasi sekat-sekat organisasi birokrasi, serta membentuk jaringan sistem manajemen, proses kerja yang memungkinkan instansi pemerintah bekerja secara terpadu untuk menyederhanakan akses ke semua informasi layanan publik secara efektif dan efisien dengan mengembangkan e-government. Keterlibatan pengguna terhadap akses informasi publik dalam sebuah website akan menentukan tingkat kepuasan pengguna terhadap layanan yang tersedia dalam website. Tingkat kepuasan pengguna dapat diketahui dengan melakukan sebuah pengukuran kualitas website dengan menerapkan metode WebQual sebagai dimensi pengukuran terhadap kualitas website. Pengukuran kualitas website ditentukan berdasarkan persepsi pengguna akhir berdasarkan persepsi mutu layanan yang dirasakan dengan tingkat harapan dari perspektif pengguna. Penelitian ini menganalisis kualitas website Badan Pertanahan Nasional terhadap kepuasan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT). Analisis data menggunakan metode T-Test dengan uji perbedaan (mean difference) dan pengolahan data menggunakan software SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) for Windows versi 20. Penelitian ini memberikan gambaran terhadap penilaian kualitas sebuah website dengan menggunakan dimensi pengukuran usability, information quality dan interaction quality yang akan menentukan kepuasan bagi penggunanya. Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) sebagai pengguna website merasa cukup puas terhadap layanan dalam website Badan Pertanahan Nasional. Dimensi usability dan information quality telah memenuhi harapan dan persepsi Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT), sedangkan dimensi yang belum memenuhi harapan dan persepsi Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) adalah dimensi interaction quality.

The use of information technology puts information systems as essential elements in our daily activities. Government use the information technology advances to improve the ability to process, manage, deliver, distribute information, and perform public services to eliminate the barriers of bureaucratic organization, and form a network of management system, processes that allow government agencies to work in an integrated way to simplify access to all information related to public services effectively and efficiently by developing e-government. The involvement of users to access public information in a website will determine the level of user satisfaction on the services available in the website. Level of user satisfaction can be determined by performing a measurement of website quality by applying the WebQual method as the dimensional measurement of the website quality. Website quality measurement is determined by the end user's perception based on the perception of service quality perceived through the level of expectation from the user perspective. This study analyzed the quality of the website of the National Land Agency according to the satisfaction of the Land Deed Maker Officer (PPAT). Data analysis used T-Test to test the difference (mean difference) and the data processing used SPSS software (Statistical Package for the Social Sciences) for Windows version 20. This study provided an overview of the assessment of the quality of a website by using the dimention of measurement, i.e. usability, information quality and interaction quality which will determine the satisfaction of its users. Land Deed Maker Officer (PPAT) as a user of the website was quite satisfied with the service in the National Land Agency’s website. Dimensions of usability and information quality has met the expectations and perceptions of the Land Deed Maker Officer (PPAT), while the dimensions of which do not meet the expectations and perceptions of the Land Deed Maker Officer (PPAT) is the dimension of interaction quality.

Kata Kunci : kepuasan pengguna, kebergunaan, kualitas website


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.