Laporkan Masalah

Peningkatan kemampuan Siswa Memahami Bacaan (Reading Comprehension) dengan Menggunakan Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) di kelas X SMA Negeri 11 Yogyakarta

Suwadi, Bayu Sutikno, S.E., M.S.M., Ph.D,

2012 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Pemahaman bacaan adalah merupakan mata pelajaran pokok dalam belajar bahasa Inggris. Mata pelajaran ini merupakan bagian dari proses pembelajaran di kelas selama ada sekolah, buku teks, siswa dan siapapun yang berkeinginan untuk membaca dan guru memiliki peran untuk meningkatkan serta menilainya. Oleh karena itu, penelitian ini mencoba untuk mengetahui apakah ada pengaruh positip atau peningkatan penerapan metode PQ4R terhadap kemampuan memahami bacaan. Sebab ada penelitian yang dilakukan oleh Bibi dan Manzoor (2011) mengatakan bahwa metode PQ4R membantu siswa memahami lebih baik, dapat berkonsentrasi lebih baik serta menguasai matapelajaran dengan prestasi. Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimen untuk menyelidiki pengaruh metode PQ4R terhadap penguasaan membaca. Hipotesis penelitian yang dibuktikan adalah penerapan metode PQ4R di dalam proses pembelajaran memiliki pengaruh positip terhadap kemampuan memahami bacaan siswa kelas X SMA Negeri 11 Yogyakarta tahun pelajaran 2011/2012. Sampel dari populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas Xi yang terdiri dari 29 siswa, 10 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Karena ini merupakan penelitian pre eksperimen, pasti ada pretest, treatmen dan posttest. Selama pretest, siswa diberi pelajaran pemahaman bacaan dengan menggunakan metode konvensional, yaitu metode pembelajaran yang bercirikan guru sentris. Setelah proses pembelajaran siswa diberi kuesioner untuk mengetahui persepsi siswa terhadap proses pembelajaran. Kuesioner mengandung tiga variabel yaitu variabel terikat, variabel bebas dan variabel kontrol. Variabel terikat adalah kemampuan siswa memahami bacaan, variabel bebas adalah metode pembelajaran dan variabel kontrol adalah materi pelajaran pemahaman bacaan. Pada pertemuan selanjutnya, siswa mengikuti proses pembelajaran dengan metode PQ4R sebagai treatmen. Setelah proses pembelajaran siswa diberi kuesioner lagi untuk mengetahui persepsi siswa terhadap proses pembelajaran. Hasil dari pretest dan posttest kemudian dianalisis dengan menggunakan pengujian t yaitu pair samples test. Hasilnya menunjukkan bahwa ada perbedaan antara pretest dan posttest. Untuk kemampuan memahami bacaan, 0,04 dengan tingkat kepercayaan 5%. Hal itu berarti bahwa 0,04 lebih kecil dari nilai alpha 0,05 (0,04<0,05) secara signifikan berbeda. Untuk metode pembelajaran, 0,00 dengan tingkat kepercayaan 5%. Hal itu berarti bahwa 0,00 lebih kecil dari nilai alpha 0,05 (0,00<0,05) secara signifikan berbeda. Untuk materi pembelajaran, 0,54 dengan tingkat kepercayaan 5%. Hal itu berarti bahwa 0,54 lebih besar dari pada nilai alpha 0,05 (0,54>0,05) secara signifikan tidak berbeda. Dari pengujian itu dapat disimpulkan bahwa penerapan metode PQ4R dalam proses pembelajaran pemahaman bacaan memberi pengaruh positip terhadap kemampuan siswa dalam memahami bacaan di klas X SMA negeri 11 Yogyakarta tahun pelajaran 2011/2012.

Reading comprehension is the important subject in studying English. It has been a part of classroom as long as there have been school, texts, students, who desire to read them, and teachers wanting to both promote and asses their understanding. Therefore, this research tries to get to know whether there is positive effect of application of PQ4R method toward reading mastery. Since, there was a research conducted by Bibi and Manzoor (2011) said that PQ4R method help the student comprehend better, concentrate better, and retain better in scholastic achievement. This is preexperiment research to investigate the effect of PQ4R method toward reading mastery. The research hyphotesis in proposed as follow. The application of PQ4R method in learning process has positive effect on reading mastery of class X students of SMA Negeri 11 Yogyakarta in academic year 2011/2012. The sampel of population of this research is students in class Xi. It consists of 29 students i.e 10 male and 19 female. Since, this is a preexperiment research, there must be pretest, treatment, and posttest. During the pretest, students were taught reading comprehension using conventional method of learning i.e. teacher centered learning. After learning process students are given a quesionaire to know their perception toward learning process. The quesionaire consists of three variables i.e. dependent variable, independent, and control one. The dependent variable is about reading comprehension ability, the independent is about method of learning, and the control one is about material of reading. In the next meeting The students follow learning process of reading using PQ4R method as the treatment. After learning process, the students are given a quesionaire again, to know their perception toward learning process. The result of both pretest and posttest are then analysed using t-test formula i.e. pair samples test. It shows that there is diffrerences between pretest and posttest. For reading comprehension, 0,04 with 5% confidence level. It means that 0,04 is smaller than alpha value 0,05 (0,04<0,05) so it is significant different. For method of learning, 0,00 with 5% confidence level. It means that 0,00 is smaller than alpha value 0,05 (0,00<0,05) so it is also significant different. For material of reading, 0,54 with 5% confidence level. It means that 0,54 is higher than alpha value 0,05 (0,54>0,05) so it is unsignificant.It can be concluded that the application of PQ4R method in learning process of reading gives positive effect to reading mastery of students in class X SMA Negeri 11 Yogyakarta academic year 2011/2012.

Kata Kunci : Pemahaman bacaan, metode PQ4R, metode konvensional.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.