Laporkan Masalah

PENGARUH AUTONOMI KERJA PADA KESEJAHTERAAN DAN EMOTIONAL LABOR SERTA DIMODERASI OLEH DUKUNGAN REKAN KERJA

Eza Mega Kuswoyo, Dr. Harsono, M.Sc.,

2012 | Tesis | S2 Manajemen

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kembali hubungan setiap variabel yang memiliki hasil yang berbeda-beda dalam konteks lingkungan sekolah sehingga penelitian ini menggunakan pendekatan konfirmatori. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode non probability sampling, yaitu purposive sampling. Kriteria sampel yang digunakan yaitu guru yang menjabat sebagai wali kelas dan memiliki masa kerja minimal satu tahun. Ukuran sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 178 responden dan 176 responden yang valid. Hasil penelitian ini menemukan bahwa autonomi kerja berpengaruh positif pada kepuasan kerja, dukungan rekan kerja terbukti memoderasi hubungan antara deep acting dan kepuasan kerja, autonomi kerja berpengaruh positif pada surface acting.

This study aims to examine the relationship of each variable that has a different outcome in the context of the school environment so that this study used a confirmatory approach. The sampling technique used in this study using non probability sampling methods, namely purposive sampling. Sample criteria used is the teacher who served as homeroom and have a service life of at least one year. The sample size used in this study as many as 178 respondents and 176 valid respondents. The results of this study found that job autonomy has a positive effect on job satisfaction, coworker support shown to moderate the relationship between deep acting and job satisfaction, job autonomy has a positive effect on surface acting.

Kata Kunci : emotional labor, emotional labor dalam konteks lingkungan sekolah dan autonomi kerja,


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.