Laporkan Masalah

SISITEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PRIORITAS MEDIA PROMOSI MENGGUNAKAN FMADM DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (Studi kasus: STMIK PROFESIONAL MAKASSAR)

SRY YUNARTI, Dra. Sri Hartati, M.Sc., Ph.D.

2011 | Tesis | S2 Ilmu Komputer

Dalam situasi kompetisi yang sangat ketat, sukses sebuah strategi pemasaran pastilah merupakan konstribusi positif bagi STMIK Profesional Makassar. Bagian yang terpenting dari strategi pemasaran adalah melakukan promosi yang merupakan kegiatan rutin STMIK Profesional untuk mengkomunikasikan produknya kepada konsumen. Salah satu agenda penting dari promosi adalah pemilihan media promosi yang paling tepat. Masalah yang sering terjadi dalam proses pemilihan media promosi adalah subyektifitas pengambilan keputusan. Selama ini pemilihan media promosi dilakukan oleh manajemen secara manual dengan menggunakan standarisasi penentuan yang telah ditetapkan. Hal ini banyak mempunyai kekurangan antara lain dalam hal efektifitas dan efisiensi waktu serta dana yang disediakan STMIK Profesional untuk promosi. Oleh karena itu dalam penentuan prioritas media promosi dibutuhkan sebuah sistem yang dapat mendukung pengambilan keputusan. Penggunaan sistem pendukung keputusan diharapkan mengurangi subyektifitas dalam pengambilan keputusan. Dalam peneltian ini akan dibangun sistem pendukung keputusan untuk penentuan prioritas media promosi menggunakan Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM) dengan metode Simple Additive Weighting (SAW). Penilaian dilakukan dengan melihat nilai-nilai terhadap indikator yaitu biaya pembuatan media, biaya pemasangan media, jangkauan, target pencapaian, pengaruh, lama pemaparan dan daya jangkau. Selanjutnya masing-masing indikator tersebut dianggap sebagai kriteria yang akan dijadikan sebagai faktor untuk memilih media promosi. Metode SAW ini akan menentukan nilai bobot untuk setiap atribut, kemudian dilanjutkan dengan proses perankingan yang akan menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif media promosi.

In a situation of tight competition, a successful marketing strategy must be a positive contribution to the STMIK Professional Makassar. The most important part of marketing strategy is to conduct promotion which is a routine activity of STMIK Professional to deliver their products to consumers. One of the important agenda of the promotion is the selection of the most appropriate advertising media. Problems often occur in the selection process of advertising media is the subjective in decision making. All this time the media selection conducted by the management manually by using determined policy standardization. This policy has many weaknesses such as in terms of effectiveness and efficiency and so funds provided by STMIK Professional for promotion. Therefore, in the media advertising selection is needed a system that can support decision making. The using of decision support systems is expected to reduce subjectivity in decision making. In this research will be built decision support systems for determining a priority of promotion media by using Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM) with Simple additive weighting (SAW) method. Assessment is done by looking at the values of the indicators those are the cost of making media, media publication cost, range, achievement target, impact, duration of exposure and coverage. Furthermore, each of these indicators is considered as criterion that will be the factor in selecting promotional/advertising media. SAW method will determine the quality for each attribute, followed by a ranking process that will select the best alternative from a number of alternative media promotion/advertising.

Kata Kunci : FMADM, SAW, media promosi


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.