Laporkan Masalah

Penerapan data mining untuk segmentasi distribusi produk paad PT. Tiga Serangkai Corpora, Solo

WIRDAYANTI, Ir. Soedjatmiko, M.Sc

2010 | Tesis | S2 Teknik Elektro

Perusahaan menggunakan sistem komputerisasi untuk mengumpulkan dan mengolah data transaksi bisnis. Data yang dimiliki semakin hari semakin bertambah banyak seiring dengan perkembangan transaksi bisnis perusahaan. Data tersebut akan menghasilkan informasi yang berguna bagi kemajuan perusahaan jika data diproses dengan benar. Penelitian ini bermaksud untuk menerapkan teknologi data mining dalam mengubah tumpukan data transaksi penjualan menjadi informasi yang sangat berguna bagi manajer pemasaran di perusahaan distribusi PT. Tiga Serangkai Inti Corpora dalam membantu pengambilan keputusan untuk menemukan pola sebaran produk yang paling menguntungkan sesuai dengan segmen pasar di setiap wilayah distribusi. Data mining pada penelitian ini dibuat menggunakan fitur SSAS dari Microsoft SQL Server 2008. Data yang digunakan untuk data mining bersumber dari data warehouse yang melewati 2 staging area yaitu staging area I untuk ekstrak dari database operasional, dan staging area II untuk sumber data data warehouse. Algoritma mining yang digunakan untuk menyelesaikan masalah distribusi pada penelitian ini adalah algoritma klastering K-means. Klastering K-means menghasilkan 5 kelompok jumlah produk terjual yaitu Very Low dengan jumlah produk jual <= -1636,8737198646, Low dengan rentang jumlah produk jual antara -1636,8737198646 – (-408,701560962588), Average dengan rentang jumlah produk jual antara -408, 701560962588 – 819, 470597939426, High dengan rentang jumlah produk jual antara 819, 470597939426 – 2047,64275684144, dan Very High dengan jumlah produk jual >= 2047, 64275684144. Berdasarkan kelompok jumlah produk jual dengan klaster yang dimilikinya, maka diperoleh salah satu pola sebaran produk paling menguntungkan adalah Tiga Roda Coil Pack 5X12S yang terjual hampir di semua segmen pasar yang ada di beberapa wilayah distribusi seperti Sukoharjo, Wonogiri, Sragen, Kota Surakarta, Kota Salatiga.

The Company uses a computerized system to collect and process the business transaction data. Data is increasingly owned multiplied along with the development of company business transactions. Such data will yield information useful to the progress of the company if the data is processed correctly. This research intends to apply data mining technology in transforming of sales transaction data into information useful for marketing managers at the distribution company PT. Tiga Serangkai Inti Corpora in assisting decisionmaking to find the product distribution pattern according to the most profitable market segments in each region of the distribution. Data mining in this research made use SSAS features of Microsoft SQL Server 2008. Resource data for data mining is data warehouse that passing through the two staging areas; they are staging area I for extracts from operational databases, and staging area II for data source of data warehouse. Mining algorithms are used to solve the distribution problem in this research were K-Means clustering algorithm. K-means clustering produced five groups of products sold that is Very Low with total sales of products <= - 1,636.8737198646, Low with a range of products sold between - 1636.8737198646 - (-408, 701 560 962 588), Average number of products sold with a range between -408, 701560962588-819, 470 597 939 426, High with the number of sale products ranges between 819, 470597939426-2047, 64275684144, and Very High with total product sales > = 2047, 64275684144. Based on group number sales of products with its clusters, the one of the distribution pattern profitable product is a Tiga Roda Coil Pack 5X12S. It is sold in nearly all market segments that exist in some areas of distribution such as Sukoharjo, Wonogiri, Sragen, Kota Surakarta, and Kota Salatiga.

Kata Kunci : Data mining, Data warehouse, Staging area, Klastering


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.