Laporkan Masalah

Pengaruh perluasan merek terhadap citra merek :: Perluasan merek Acer ke kategori Smartphone

PANGARIBUAN, Lisna, Slamet Santoso Sarwono, Dr., MBA

2009 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Saat ini smartphone sedang digemari di pasar; selain karena fungsinya yang hampir menyerupai notebook, bentuknya yang kecil menjadikannya sangat mendukung mobilitas. Melihat besarnya ceruk pasar smartphone di masa mendatang, membuat banyak produsen komputer dan komponen berbondong-bondong masuk ke pasar berteknologi tinggi tersebut. Bukan hanya Acer; produsen komputer dan komponen seperti Apple, Toshiba, Asustek Computer, Gigabyte Technology, Dell, Lenovo juga mengembangkan smartphone. Di awal tahun 2009 ini, Acer meluncurkan smartphone. Menyandang nama besar tentu akan memudahkan Acer untuk mengenalkan produk baru ke pasar. Namun hal tersebut akan menimbulkan pertanyaan apakah strategi perluasan merek tersebut baik bagi citra merek Acer atau justru akan dapat memperlemah citra merek Acer yang nantinya merugikan Acer di masa mendatang. Penelitian ini bertujuan untuk mengobservasi apakah strategi perluasan merek yang dilakukan oleh Acer akan berpengaruh terhadap citra merek Acer. Tujuan utama yang akan digali melalui penelitian ini yaitu menganalisis perubahan yang terjadi pada citra merek dan menganalisis pengaruh dari berbagai variabel dalam perluasan merek terhadap citra merek, baik itu general brand image (GBI) dan juga product brand image (PBI). Penelitian ini menggunakan metode eksplanatif kuantitatif untuk menguji hipotesis dengan menjelaskan hubungan suatu variabel dengan variabel lainnya. Pengukuran terhadap citra merek akan dibagi menjadi dua, yaitu GBI dan PBI. Uji pendahuluan pertama dan kedua dilakukan untuk memperoleh atribut -atribut yang akan digunakan dalam pengukuran PBI. Tahap berikutnya adalah penyebaran kuisioner akhir (setelah pilot study) kepada 114 responden pengguna Acer. Dari hasil analisis yang dibantu dengan menggunakan perangkat lunak SPSS versi 17.0. dan Amos versi 6.0., diperoleh beberapa temuan penting, diantaranya bahwa strategi perluasan merek yang dilakukan Acer ternyata memperlemah citra merek Acer.

Nowadays, smartphone is very famous in the market; not only because of its functions which is closed to notebook, but also for its small shape which really support people’s mobility. Seeing the big opportunity of smartphone market in the future, makes many computer and component producers get into that high technology market. Not only Acer, the other same producers such as Apple, Toshiba, Asustek Computer, Gigabyte Technology, Dell, Lenovo are trying to develop smartphone as well. In the first quarter of 2009, Acer launched smartphone. Having a very good image is a strong benefit for Acer to introduce its new product to the market. But, that strategy will arisen a question whether the brand extension strategy will strengthen Acer’s image or it will dilute Acer’s image which bring a loss for Acer in the future. The objective of this research is to observe whether the Acer’s brand extension strategy will effect Acer’s brand image. The main objective searching through this research is to analyze the changing in Acer’s brand image and to analyze the effect of the variables in the brand extension toward general brand image (GBI) and product brand image (PBI). This research using explanative quantitative method to test the hypothesis’ and to explain the relation between one variable to another. The measurement of brand image divided in to two measurements; GBI and PBI. The first and the second pretests held to gather the attributes of Acer which will use for the PBI measurement. The next step is to spread the final questionnaires (after the pilot study) given to the 114 respondents. The analysis’ using SPSS 17.0 and Amos 6.0 software reveal some important results; one of the result shows that the Acer’s brand extension strategy dilute Acer’s brand image.

Kata Kunci : Persepsi,Perluasan merek,Citra merek,Perilaku konsumen, perceptio n, brand extension, brand image, consumer behavior.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.