Laporkan Masalah

Analisis keefektifan internet social networking sebagai media e-marketing communication

SAGITA, Andro Desna, Sahud Susilo Nugroho, Dr., M.Sc

2009 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Internet terus berkembang bukan hanya menampilkan grafis yang menarik tetapi telah menjadi situs internet yang interaktif. Salah satu alasan pengembangan itu adalah agar dapat digunakan sebagai media yang baik untuk kegiatan bisnis termasuk dalam e- Marketing. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis atribut-atribut yang mempengaruhi keefektifan situs internet social networking sebagai media e-Marketing Communication. Peneliti memfokuskan pada responden yang telah menjadi anggota pada.situs internet social networking. Terdapat beberapa variabel yang digunakan dalam penelitian ini, antara lain: kunjungan berulang, lama waktu berkunjung, tanpa efek flow dan komunitas yang merupakan variabel bebas, dan respon e-Marketing Communication yang merupakan variabel terikat. Pengambilan data dilakukan dengan metode purposive sampling melalui penyebaran kuesioner. Dari penelitian ini, dapat ditarik kesimpulan bahwa semua variabel bebas yang terdiri dari kunjungan berulang, lama waktu berkunjung, tanpa efek flow dan komunitas berpengaruh positif terhadap keefektifan e-Marketing Communication. Hal ini membuktikan bahwa apabila dimensi kunjungan berulang, lama waktu berkunjung, tanpa efek flow, dan komunitas meningkat maka keefektifan situs internet social netwoking sebagai media e-Marketing Communication juga akan meningkat dan sebaliknya.

Internet has been developed from time to time not only showing interesting graphics but also becoming interactive sites for the users. One reason for the development is in order to become a good media for business activities including e-marketing. This research aimed at analyzing attributes that influence the effectiveness of internet social networking sites as e-Marketing Communication media. Researcher focused on respondents who have become a member at internet social networking sites. The variables used in this research are: repeated visit, visiting time, without flow effect and community as independent variables and e-Marketing Communication response as dependent variable. Data was taken using purposive sampling method through questionnaires. From the research, it is concluded that all of the independent variables that included repeated visit, visiting time , without flow effect and community influence the effectiveness of e-Marketing Communication significantly. It means that if dimensi repeated visit, visiting time, without flow effect and community increase, the effectiveness of internet social networking sites as e-Marketing Communication media will increase and vice versa.

Kata Kunci : e,Marketing,Internet social networking,e,Marketing communication


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.