Laporkan Masalah

Factors affecting effectiveness of policy implementation :: A case of Market Legi revitalization program in Blitar Municipality Indonesia

PUJIASIH, Ir. Bakti Setiawan, M.A., Ph.D

2009 | Tesis | S2 MPKD

Program Revitalisasi Pasar Legi adalah sebuah program revitalisasi pasar yang mempunyai tiga tujuan: pertama, meraih target penerimaan daerah; kedua, meningkatkan pendapatan pedagang; ketiga, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kota Blitar dan sekitarnya. Sejak empat tahun program tersebut diimplementasikan, tujuan belum tercapai dan masih terdapat 308 kios kosong. Tesis ini mencoba menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi ketidakefektifan program tersebut dan apakah ada hubungan antara transparansi, akuntabilitas dan partisipasi dengan implementasi kebijakan di satu sisi dan faktor-faktor yang mempengaruhi pengimplementasian kebijakan itu di sisi lain. Peneliti menggunakan kombinasi metode kuantitatif dan kualitatif. Dari metode kuantitatif diperoleh hasil bahwa ada hubungan antara persepsi tentang transparansi, akuntabilitas dan partisipasi dengan efektifitas implementasi kebijakan. Hasil penelitian dengan metode kualitatif menunjukkan bahwa ada faktor-faktor yang mempengaruhi ketidakefektifan implementasi kebijakan. Faktor-faktor tersebut adalah minimnya perhatian media massa terhadap program tersebut, minimnya dukungan dan partisipasi dari pedagang serta komitmen dan kepemimpinan dari pejabat terkait, sulit dan mahalnya transportasi umum, kurang lengkapnya fasilitas pasar, seperti tidak adanya tempat bermain untuk anak dan kurang terjangkaunya retribusi dan biaya sewa pasar yang dirasakan oleh pedagang. Setelah Program Revitalisasi Pasar ‘Legi’ diimplementasikan, secara fisik pasar menjadi bagus, namun masih banyak kelemahan yang harus segera diatasi oleh Pemerintah Daerah meliputi langkah peningkatkan partisipasi dengan memberikan kompensasi kepada mereka yang membayar retribusi dan sewa tepat waktu, meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dan memperbaiki kapasitas organisasi dari Badan Pengelola Pasar. Hal penting lainnya adalah, (1) strategi untuk menarik lebih banyak orang untuk berbelanja di Pasar Legi dengan menyediakan transportasi umum yang lebih baik; (2) meningkatkan manajemen pasar; (3) mengambil alih kios kosong dan membuat kebijakan untuk meminimalisir spekulator kios dan (4) melibatkan sektor swasta.

unavailable in fulltext

Kata Kunci : Transparansi,Akuntabilitas,Partisipasi,Implementasi kebijakan


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.