Laporkan Masalah

Analisis sikap dan niat menggunakan mini laptop :: Studi menggunakan pengembangan model penerimaan teknologi

WAHYUDI, Handri Dian, Prof. Dr. Basu Swastha Dh, MBA

2009 | Tesis | S2 Manajemen

Penerimaan dan niat konsumen untuk mengadopsi teknologi baru merupakan hal yang penting dalam pemasaran produk baru. Tidak ada jaminan bahwa kemajuan teknologi akan diikuti dengan kesuksesan adopsi. Penelitian ini menguji suatu model untuk menjelaskan niat konsumen untuk menggunakan mini laptop. Pengadopsian model yang diperluas berdasarkan model penerimaan teknologi diaplikasikan untuk menjelaskan anteseden dari niat untuk menggunakan mini laptop. Hipotesis diuji dengan data dari survey sebanyak 331 mahasiswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang kuat dari keekspresifan yang dipersepsikan, kesenangan yang dipersepsikan, kegunaan yang dipersepsikan, kemudahan penggunaan yang dipersepsikan, dan norma subyektif pada niat konsumen untuk menggunakan mini laptop. Namun demikian, pengaruh sikap terhadap penggunaan pada niat untuk menggunakan mini laptop tidak signifikan.

Consumers’ acceptance and intention to adopt the new technology are crucial aspects of new product marketing. There is no guarantee that technology advancements will translate into successful adoption. This research tests a model to explain consumers’ intention to use mini laptop. An extended adoption model based on the technology acceptance model is applied for pinpointing the antecedents of intention to use mini laptop. The hypotheses are tested on data from a survey of 331 students. The results of this study show strong support for the effects of perceived expressiveness, perceived enjoyment, perceived usefulness, perceived ease of use, and subjective norm on consumers’ intention to use mini laptop. However, the effect of attitude toward use on intention to use mini laptop was insignificant.

Kata Kunci : Model penerimaan teknologi,Keekspresifan yang dipersepsikan,Kesenangan yang dipersepsikan,Norma subyektif,technology acceptance model, perceived expressiveness, perceived enjoyment, subjective norm


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.