Laporkan Masalah

Pengaruh akuntabilitas dan transparansi pengelolaan DAK bidang pendidikan terhadap pelaksanaan swakelola

HARDIYONO, Dr. Eko Suwardi, M.Sc

2009 | Tesis | S2 Magister Akuntansi

Penelitian ini bertujuan untuk : memperoleh bukti mengenai adanya pengaruh dari akuntabilitas dan transparasi pengelolaan Dana Alokasi Khusus Bidang Pendidikan terhadap pelaksanaan yang swakelola pada sekolah penerima dana di Kabupaten Gunungkidul tahun anggaran 2008. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah dasar penerima DAK se-Kabupaten Gunungkidul, dengan subyek penelitian kepala sekolah, bendahara sekolah, komite sekolah, perencana rehabilitasi dan pembangunan gedung sekolah, tim teknis yang ada di tingkat kabupaten, obyek penelitian adalah variabel bebas akuntabilitas dan transparansi pengelolaan DAK Bidang Pendidikan dan variabel terikatnya pelaksanaan yang swakelola. Data dikumpulkan dengan metode quesioner, baik untuk variabel bebas maupun variabel terikat. Sampel penelitian berjumlah 138. Tehnik analisis data yang digunakan dalam pengujian hipotesis adalah analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Akuntabilitas pengelolaan DAK Bidang Pendidikan mempunyai pengaruh positif terhaadap pelaksanaan swakelola pada sekolah penerima DAK Bidang Pendidikan di Kabupaten Gunungkidul tahun 2008, dengan t hitung lebih besar dari t tabel (11,987 > 1,960), konstanta sebesar 9,231 dan koefisien regresi sebesar 0,547 (positif). 2) Transparansi pengelolaan DAK Bidang Pendidikan mempunyai pengaruh positif terhadap pelaksanaan swakelola pada sekolah penerima DAK Bidang Pendidikan di Kabupaten Gunungkidul tahun 2008, dengan t hitung lebih besar dari t tabel (8,433 > 1,960), konstanta sebesar 12,895 dan koefisien regresi sebesar 0,689 (positif). 3) Akuntabilitas dan transparansi pengelolaan DAK Bidang Pendidikan mempunyai pengaruh positif terhaadap pelaksanaan swakelola pada sekolah penerima DAK Bidang Pendidikan di Kabupaten Gunungkidul tahun 2008, dengan konstaanta sebesar 7,937 dan koefisien regresi untuk akuntabilitas sebesar 0,467 (positif) serta koefisien regresi untuk transparansi sebesar 0,173 (positif).

The objective of this research is to find out the reasons about the effect of accountability and transparency on the management of educational special allocation fund towards self management performance in schools accepting fund in Gunungkidul Regency in the estimating year of 2008. This research is conducted in all elementary schools accepting special allocation fund in Gunungkidul Regency. The subjects of the research are the headmasters, the school treasurers, the school committees, the planners of school buildings rehabilitation and construction, and the technical teams in the Regency. The objects of the research are the free variable and the bound variable. The free variables are accountability and transparency on the management of educational special allocation fund and the bound variable is self management performance. The data were collected trough questionnaires, for the free variable and the bound variable as well. The research sample totals 138. The data analysis techniques used in this research are linier regression analysis and double regression analysis. The finding of the research reveals the following results. 1) Accountability on the management of educational special allocation fund shows positive effect towards self management performance in schools accepting special allocation fund in Gunungkidul Regency on 2008. It shows that t-count is higher than t-table (11,987 > 1,960), the constant is 9,231, and the regression coefficient is 0,547 (positive). 2) Transparency on the management of educational special allocation fund shows positive effect towards self management performance in schools accepting special allocation fund in Gunungkidul Regency on 2008. It shows that t-count is higher than t-table (8,433 > 1,960), the constant is 12,895, and the regression coefficient is 0,68(positive).3)Accountability and transparency on the management of educational special allocation fund shows positive effect towards self management performance in schools accepting special allocation fund in Gunungkidul Regency on 2008. It shows that the constant is 7,937, the regression coefficient for accountability is 0,467 (positive), and the regression coefficient for transparency is 0,173 (positive).

Kata Kunci : Dana alokasi khusus, Dana pendidikan, Akuntabilitas,


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.