Laporkan Masalah

Interferensi gramatikal bahasa Indonesia dalam penggunaan bahasa Inggris :: Studi kasus proposal skripsi mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo

BAY, Indri Wirahmi, Prof. Dr. I Dewa Putu Wijana, S.U., M.A

2009 | Tesis | S2 Linguistik

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan jenis-jenis interferensi kaidah gramatikal bahasa Indonesia dalam penggunaan bahasa Inggris yang meliputi tataran morfologi dan sintaksis serta faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya interferensi tersebut. Objek penelitian berupa proposal skripsi mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo yang telah diseminarkan pada rentang waktu bulan Juni-Agustus 2008. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya kesalahan-kesalahan dalam penulisan proposal skripsi dalam bahasa Inggris sebagai akibat adanya interferensi kaidah gramatikal bahasa Indonesia yang meliputi tataran morfologi dan sintaksis. Kesalahan dalam tataran morfologi meliputi penanda jamak kata benda, sistim kala, demonstratif, konkordansi, penggunaan partisip –ing dan –ed, to-infinitif. Untuk tataran sintaksis meliputi kopula, artikel, pronomina relatif, konstruksi posesif, numeralia, frasa nomina, pembentukan kalimat pasif, verba bantu dan preposisi. Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya interferensi dapat diklasifikasikan menjadi faktor linguistik dan non-linguistik. Faktor lingustik mengacu pada ketidakmampuan mahasiswa menguasai kaidah gramatikal bahasa Inggris yang sudah mereka pelajari sebelumnya. Faktor non-linguistik mengacu pada kondisi sosiolinguistik, pengaruh kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa pertama atau bahasa yang lebih dikuasai oleh mahasiswa, kemampuan mereka untuk mempraktekkan apa yang telah mereka pelajari di lingkungan sekitarnya serta beberapa faktor psikologis yang berkaitan dengan kondisi kejiwaan si pembelajar. Selain itu, ada faktor-faktor lain yang cukup penting untuk diperhatikan keberadaannya yaitu yang berhubungan dengan proses belajar mengajar seperti metode dan teknik pengajaran, materi ajar, serta sarana dan prasarana yang memadai turut mendukung terciptanya situasi pembelajaran yang lebih baik.

The research aims to describe the kinds of Indonesian grammatical interference in using English language that consist of morphological and syntax fields and to identify the factors that lead the interference happened. The thesis‟ proposals that is written by the students of the English Department, Letters and Culture Faculty, Gorontalo State University become the object of research. The proposals have been discussed officially from June to August 2009. The result shows the errors caused by Indonesian grammatical interference in using English language in the proposals of thesis can be classified into morphological and syntax fields. The errors in morphological area involve the marker of plurals, tenses, demonstrative, concordance, infinitive, –ing and –ed participle. The syntax comprises copula, article, relative pronouns, possessive construction, numeral, the passives, the forming of noun phrase, the using of auxiliary verbs and preposition. The factors brought about the grammatical interference can be identified into linguistic and non-linguistic issues. Linguistic issue is related to the students‟incapability in mastering the grammatical rules of English that they have studied before. Non-Linguistic issue refers to sociolinguistic circumstance, the existence of Indonesian language as the first language or the language that is more familiar for them, the students‟ ability to practice what they have learned in their surroundings and some psychological factors that portray their personalities. Besides there are some additional factors that are important to consider specifically all things related to the process of teaching such as the method and the technique of teaching, the materials, and the facilities that create a better situation of studying

Kata Kunci : interferensi, morfologi, sintaksis, interference, morphology, syntax


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.