Laporkan Masalah

Analisis pengaruh asosiasi merek terhadap respon konsumen batik

MUJAHID, Ahmad, Dr. Sahid Susilo Nugroho, M.Sc

2008 | Tesis | S2 Manajemen

Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji pengaruh asosiasi merek berdasarkan manfaat merek pada respon konsumen. Manfaat merek yang dianalisis dalam penelitian ini adalah jaminan, identifikasi personal, identifikasi sosial dan status. Variabel respon konsumen terdiri dari penerimaan perluasan merek, merekomendasikan merek dan kesediaan membayar harga premium. Analisis regresi linier berganda digunakan untuk menganalisis tiap-tiap pengaruh dari variabel manfaat merek pada variabel respon konsumen. Respon konsumen terhadap merek batik dipilih sebagai obyek penelitian. Hasil menunjukkan keempat faktor manfaat merek berpengaruh positif pada respon konsumen untuk menerima perluasan merek. Untuk merekomendasikan merek hanya faktor status yang tidak berpengaruh. Dan, untuk kesediaan membayar harga premium hanya faktor identifikasi sosial yang ditemukan tidak berpengaruh.

The objective of this study was to examine the influence of brand association base on it brands benefit to costumer response. The benefits of brand that was analyzed in this study were guarantee, personal identification, social identification and status. The costumer response variables were brand extension, brand recommendation, and willingness to pay premium price. Multiple linear regressions were used to analyze each influent from benefit of brand variables to costumer response variables. Cons umer response to batik’s brand was chosen as the research object. Result shows four of factors have positive influence to costumer response for accepting brand extension. For brand recommendation, only status that was not influenced factor. And, for willingness to pay premium price, only social identification that was not influenced factor.

Kata Kunci : Asosiasi merek,Respon konsumen,Manfaat, brands association, costumer response, brands benefit


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.