Laporkan Masalah

Penerapan EPI Info versi 3.4 untuk mendukung manajemen data kunjungan pasien puskesmas di Kabupaten Donggala Propinsi Sulawesi Tengah

WIYANA, Sugeng, dr. lutfan Lazuardi, M.Kes., Ph.D

2008 | Tesis | S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat

Latar Belakang: Penggunaan teknologi komputer dapat meningkatkan kualitas dan penggunaan informasi. Puskesmas di kabupaten Donggala membutuhkan program aplikasi komputer yang mudah, sederhana dan dapat diandalkan untuk manajemen data kunjungan pasien. Perangkat lunak Epi Info versi 3.4 dapat digunakan untuk pemasukan, pengolahan dan analisis data serta dapat menghasilkan luaran dalam bentuk tabel, grafik dan peta dengan perintah yang mudah dan sederhana. Tujuan: Untuk menilai penerapan Epi Info versi 3.4 dalam mendukung manajemen data kunjungan pasien di puskesmas terutama pada tingkat kemudahan penggunaan, kualitas produk luaran, akurasi data, kecepatan pengolahan dan analisis data, serta kelengkapan data dan informasi yang dihasilkan Metode: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan action research yang besifat eksploratif terhadap penerapan Epi Info versi 3.4 di puskesmas. Dalam penelitian ini dipilih tujuh puskesmas untuk diterapkan Epi Info versi 3.4 dalam manajemen data kunjungan pasien. Hasil Penelitian: Perancangan komputerisasi data kunjungan pasien yang dibuat pada Epi Info versi 3.4 mengacu pada buku register yang selama ini digunakan sebagai media pencatatan. Pada tahap implementasi, Epi Info versi 3.4 digunakan untuk pengolahan dan analisis data kunjungan pasien yang meliputi pencarian data, penghitungan jumlah kunjungan, membuat tabulasi silang, serta menyajikan data dalam bentuk tabel, grafik dan peta. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa tingkat kemudahan penggunaan Epi Info versi 3.4 cukup mudah, begitu juga dengan kualitas produk luaran yang dihasilkan termasuk dalam kategori baik dan memenuhi kebutuhan pengguna. Tingkat akurasi, kelengkapan dan kecepatan juga menunjukkan hasil yang baik. Perubahan yang terjadi setelah penerapan Epi Info versi 3.4 di puskesmas menunjukkan bahwa kolaborasi antara peneliti dan partisipan telah berhasil memperbaiki sistem sebelumnya Kesimpulan: Penerapan Epi Info versi 3.4 dapat memenuhi kebutuhan puskesmas untuk manajemen data kunjungan pasien. Dengan Epi Info versi 3.4, puskesmas dapat melakukan pengolahan, analisis dan penyajian data dengan mudah, akurat, lengkap dan cepat.

Background: The use of computer technology can improve the quality and use of information. The primary health centers at Donggala District needed a computer application which was easy to use, simple, and reliable for data management of patients’ visits. Epi Info v3.4 can be used for data entry, data processing and analyzing, also producing the output of tables, graphs, and maps simply and easily. Objectives: This study aimed to examine the implementation of Epi Info v3.4 to suppor data management of patients’ visits in primary health centers especially on the level of easy to use, the output quality, data accuracy, the process and analyses, also the data and information completeness. Methods: This was a qualitative-exploratory study by using action research approach toward the implementation of Epi Info v3.4 at the primary health centers. There were seven selected local government clinics which be implemented the Epi Info v3.4 in data management of patients’ visits. Results: Design of computerized patients’ visits data, applied on Epi Info v3.4, referred to the registry book which had been used as the documentation media. In the implementation stage, Epi Info v3.4 was applied for data processing and analyzing of patients’ visit, included data searching, patients’ call rate calculation, cross tabulation, and data presentation on tables, graphs, and maps. The evaluation results showed that Epi Info v3.4 was easy to use; its outputs quality was good and suitable with their needs. The level of accuracies, completeness, and timeliness showed good results. The implementation of Epi Info v3.4 at the primary health centers resulted good alteration to the previous system. Conclusion: The implementation of Epi Info v3.4 could provide the primary health centers need to the patients’ visits data management. By using the Epi Info v3.4, community health centers could process, analyses, and present the data easily, accurately, completely, and timely.

Kata Kunci : EPI Info versi 34,Manajemen data,Puskesmas,The Epi Info v3.4, data management, primary health center


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.