Laporkan Masalah

Factors affecting the adoption of website by small-medium enterprises :: The study of Website adopters and Website non-adopters in Bali tourism industry

SETIAWAN, Pande Putu, Dr. Hargo Utomo, MBA.,M.Com

2006 | Tesis | Magister Manajemen

Teknologi informasi dan komunikasi dalam industri pariwisata saat ini manfaatnya dirasakan sangat signifikan. Tapi pemakaian teknologi informasi oleh industri pariwisata di bali masih sangat tidak signifikan. Terdapat beragam alasan yang mempengaruhi pemakaian dan implementasi teknologi informasi oleh sebuah perusahaan dan diperlukan penelitian lebih lanjut. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pemakaian Website oleh Usaha Kecil dan Menengah di industri pariwisata Bali antara Perusahaan yang telah memiliki Website dan yang belum memiliki Website. Selain itu juga peneliti ingin mengetahui gambaran umum pemakaian Website oleh pelaku industri pariwisata Bali. Penelitian dilakukan pada bulan April 2006 di Bali. Dari hasil penelitian didapatkan perbedaan faktor-faktor yang mempengaruhi pemakaian Website antara perusahaan yang telah memiliki Website dan yang belum memiliki Website. Faktor yang berpengaruh untuk perusahaan yang telah memiliki Website diurutkan dari yang paling dominan adalah: (1) Ukuran bisnis, (2) Pengembangan ke depan (3) Tren pemakaian internet (4) Kemampuan komputer pemilik-manager (5), Anggaran keuangan perusahaan, (6) Relasi bisnis (7) Jumlah tambahan karyawan yang dibutuhkan. Sedang bagi perusahaan yang belum memiliki Website, factor-faktor yang dipertimbangkan adalah diurutkan dari yang paling dominan: (1) Persaingan, (2) Pengembangan ke depan, (3) Pelatihan karyawan, (4) Kemudahan untuk memakai, (5) Kemudahan untuk mengelola, (6) Kemampuan komputer pemilikmanajer, (7) Anggaran keuangan perusahaan, (8) Sumber daya manusia, (9) Antusiamse pemilik-manajer.

Information and Communication Technology in tourism sector is of special significance. This is due to its specia l product behavior. But the use of Information Technology in Bali tourism industry is still not very significance. There are many reason may influence the adoption and implementation of IT by an organization and it needs further research. This research looks for the factors which affecting the adoption of Website by Small-medium enterprises in Bali tourism industry between the Website Adopters and Website Non-Adopters. The research conducted by survey research in the period of April 2006 in Bali. The finding shows that there are different factors which are most considered between the Website Adopters and Website Non-Adopters. The factors for Website Adopters which are put from dominance order as follows: (1) Business size, (2) Future development, (3) Trend of internet use, (4) Ownersmanagers computer ability, (5) Company’s budget, (6) Outside partners, (7) Additional employees. While for the Website Non-Adopters the factors considered put from most dominance are (1) Competitions, (2) Future Development, (3) Employee training, (4) Ease of use, (5) Ease of managing, (6) Owners-managers computer ability, (7) Company’s budget, (8) Human Resources, (9) Owners-managers enthusiasm.

Kata Kunci : Manajemen Perusahaan,Teknologi Informasi,UKM, Adoption, Information Technology, Website, Small-medium enterprises


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.