Laporkan Masalah

Perancangan dan implementasi sistem multimedia interaktif untuk promosi :: Studi kasus Magister Ilmu Komputer Universitas Gadjah Mada

NURDIN, Tubagus Asep, Drs. Retantyo Wardoyo, M.Sc.,Ph.D

2005 | Tesis | S2 Ilmu Komputer

Seiring dengan diterapkannya otonomi daerah, telah membawa persaingan dunia pendidikan khususnya kedalam tingkat persaingan yang sangat tinggi. Dalam dunia pendidikan, persaingan untuk mendapatkan calon mahasiswa kian hari, kian tahun begitu gencar dilakukan oleh masing-masing perguruan tinggi, baik swasta maupun perguruan tinggi. Bahkan persaingan tersebut dewasa ini tidak hanya terjadi antar perguruan tinggi, melainkan sudah terjadi antar fakultas atau program studi dalam satu perguruan tinggi atau universitas. Penelitian menyampaikan tentang usulan perancangan dan implementasi sistem multimedia yang dikemas dalam bentuk interaktif. Multimedia interaktif adalah suatu aplikasi media untuk promosi dan presentasi yang mengintegrasikan kekuatan media audio visual dengan teknologi komputer yang mampu menginformasikan, menjelaskan dan menghibur serta memuaskan kebutuhan para pengguna aplikasi tersebut. Gabungan antara teks, gambar (image), audio (efek suara), video, animasi (gambar bergerak) dan Virtual Reality (VR) sebagai fasilitas interaksi 3 dimensi yang canggih, merupakan sebuah kekuatan dahsyat dalam teknologi informasi. Multimedia interaktif sangat efektif sebagai alat untuk bersaing dan sebagai media promosi atau presentasi bagi lembaga pendidikan. Hasil dari penelitian ini, di implementasikan kedalam paket promosi berupa CD interaktif, namun tidak menutup kemungkinan juga untuk ditampilkan dalam bentuk website, video kaset maupun sebuah kios informasi.

As regional autonomy implemented, competition in education order world is tightly intense. Every public and private university is highly competing to get more interested students. Even more, the competition is recently narrower to the competition between faculties or departments in one university. This research the idea of planning and implementation interactive multimedia system for promotion and presentation. In which it combines both audio visual media and computer technology as integrated system, which can inform, explain, entertain and fulfill the users’ needs. The combination of text, image, audio (sound effect), video, animation and Virtual Reality (VR) are the sophisticated interactive 3-dimensions facilities. It is a terrific powerful facility that ever exists in IT. Interactive multimedia is an effective way to make a competitive promotion and presentation for educational institutions. The outcome of the research is promotion package in form of interactive CD. Moreover, it possible to display the entire message content in Interactive CD to Website, Video Cassette and Information Kiosk.

Kata Kunci : Teknologi Informasi,Sistem Multimedia Interaktif,Promosi, Education, Multimedia, Promotion.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.