Laporkan Masalah

Kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD ditinjau dari kesadaran fonologis dan inteligensi

FITRIYATI, Prof.Dr. Bimo Walgito

2004 | Tesis | S2 Psikologi

Tujuan penelitian ini adalah menguji adakah korelasi antara kesadaran fonologis dan inteligensi dengan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD. Pengukuran inteligensi dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes WISC yang diketahui memuat empat faktor, oleh karena itu penelitian ini juga bermaksug menguji adanya korelasi antara empat faktor tersebut yaitu : verbal comprehension, perceptual organization, freedom from distractibility, processing speed dengan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD. Data kesadaran fonologis dikumpulkan dengan menggunakan tes kesadaran fonologis yang diadaptasi dari tes kesadaran fonologis yang disusun oleh Ayriza (1995), sedangkan data kemampuan membaca permulaan diperoleh dengan menggunakan tes kemampuan membaca permulaan yang diadaptasi dari tes kemampuan membaca permulaan susunan Savitri (1995). Subyek penelitiannya adalah 86 siswa SD Islamic Centre Semarang. Analisis Regresi digunakan dalam penelitian ini untuk menguji adanya korelasi antara kesadaran fonologis dan inteligensi dengan kemampuan membaca permulaan. Hasil penelitian menunjukkan ada korelasi positif yang signifikan antara kesadaran fonologis dan inteligensi dengan kemampuan membaca permulaan (F = 18.171, p < 0.05, R² = 0.305). Hasil perhitungan analisis partial menunjukkan kesadaran fonologis memberikan sumbangan yang lebih besar (R²=0.19448) dibandingkan dengan inteligensi (R²=0.85849) terhadap kemampuan membaca permulaan, dan hanya faktor verbal komprehensi yang berkorelasi dengan kemampuan membaca permulaan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kesadaran fonologis merupakan prediktor yang baik bagi kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD. Di antara keempat faktor inteligensi hanya faktor verbal comprehension yang merupakan prediktor kemampuan membaca permulaan

The aim of this research was to examine the correlation between phonological awareness, intelligence and beginning reading achievement’s first grade elementary students. For the measurement of intelligence was done with WISC, which have four factor, this research also examined the correlation between those factor, they were : verbal comprehension, perceptual organization, freedom from distractibility, processing speed and beginning reading achievement’s first grade elementary students. Data of phonological awareness variable were collected with phonological awareness scales adapted from phonological awareness scales made by Ayriza (1995), and data of beginning reading achievement variable were collected with beginning reading achievement scales adapted from beginning reading achievement scales made by Savitri (1997). Research subject was 86 first grade students of Islamic Centre Elementary school Semarang. The analysis of regression was used to find out whether there is correlation or not. The result showed that there was significantly positive correlation between phonological awareness, intelligence and beginning reading achievement’s first grade students (F= 18.171, p < 0.05, R² = 0.305). By analysis partial, this research found that phonological awareness had greater contribution (R²= 0.19448) than intelligence (R²= 0.85849). Meanwhile, between factors verbal comprehension, perceptual organization, freedom from distractibility, processing speed, the only one factor correlated with beginning reading achievement, that is verbal comprehension factor. The result of this study showed that phonological awareness was the best predictor for beginning reading achievement’s first grade students. Between the four factor WISC, verbal comprehension was the only factor correlated with beginning reading achievement’s first grade students

Kata Kunci : Psikologi Anak,Intelegensi dan Kesadaran Fonologis,Kemampuan Membaca, Beginning Reading Achievement – Phonological Awareness - Intelligence – Verbal comprehension, perceptual organization, freedom from distractibility, processing speed -First grade St


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.