Laporkan Masalah

PENGEMBANGAN DESAIN ANTARMUKA PENGGUNA METACOGNITIVE TRAINING SYSTEM YANG MENDUKUNG SELF-REGULATION LEARNING UNTUK MATA KULIAH ALGORITME DAN STRUKTUR DATA MENGGUNAKAN THE ELEMENTS OF USER EXPERIENCE.

FAUZI ATSALATSA, Silmi Fauziati, Dr.Eng., S.T., M.T.;Ridi Ferdiana, Dr., S.T., M.T.

2019 | Skripsi | S1 TEKNOLOGI INFORMASI

Teknologi yang terus berkembang dari waktu ke waktu membuat perubahan dalam berbagai aspek, yaitu salah satunya pada dunia pendidikan yang ditandai dengan munculnya berbagai inovasi untuk pembelajaran. Pembelajaran secara online yang mengimplementasikan sistem adaptif sudah banyak jenisnya, namun belum banyak yang menerapkan Metacognitive Training System, yang merupakan sebuah sistem pembelajaran untuk mendukung perkembangan metakognisi siswa. Sistem ini sebelumnya dikembangkan sebagai bentuk penilitian, namun masih memiliki aspek user experience yang kurang sehingga perlu adanya pengembangan pada antar muka yang berfokus pada peningkatan aspek user experience. Tugas akhir ini akan berfokus pada pengembangan antarmuka pengguna menggunakan metode User Centered Design untuk melibatkan pengguna secara langsung pada proses pengembangan dengan mengimplementasikan kerangka kerja The Elements of User Experience. Antarmuka yang dirancang kemudian akan diujikan menggunakan user experience questionnaire dan system usability scale untuk mengetahui seberapa baik aspek user experience yang dimiliki oleh sistem. Hasil dari tugas akhir ini adalah terciptanya antarmuka baru dengan penambahan fitur yang dikembangkan menggunakan metode user-centered design dengan mengimplementasikan kerangka kerja the elements of user experience. Antarmuka yang telah dirancang kemudian diujikan menggunakan user experience questionnaire dan system usability scale. Hasil dari pengujian dua kuesioner tersebut mengalami peningkatan dibandingkan dengan hasil pengujian sistem sebelumnya.

Technology that continues to evolve over time makes changes in various aspects, one of which is in the world of education which is characterized by the emergence of various innovations for learning. Online learning that implements adaptive systems has many types, but not many have implemented the Metacognitive Training System, which is a learning system to support the development of student metacognition. This system was previously developed as a form of research, but still has a lack of user experience aspects, so there is a need to develop an interface that focuses on improving the user experience aspect. This final project will focus on developing a user interface using the User Centered Design method to engage users directly in the development process by implementing the The Elements of User Experience framework. The designed interface will then be tested using a user experience questionnaire and system usability scale to find out how well the user experience the system have. The result of this final project is the creation of a new interface with the addition of features developed using the user-centered design method by implementing the elements of user experience framework. The designed interface is then tested using a user experience questionnaire and system usability scale. The results of testing the two questionnaires experienced an increase compared to the results of previous system testing.

Kata Kunci : Metacognitive Training System, User Centered Design, User Experience, The Elements of User Experience, User Experience Questionnaire, System Usability Scale.

  1. S1-2019-366020-abstract.pdf  
  2. S1-2019-366020-bibliography.pdf  
  3. S1-2019-366020-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2019-366020-title.pdf