Laporkan Masalah

Peran Kepemimpinan Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Kinerja Sumber Daya Manusia Tenaga Kependidikan Studi Kasus Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

NOPRIAWAN MAHRIADI, Dr. Ratminto, M. Pol.Admin; Prof. Dr. Zuprizal, DEA

2019 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN TINGGI

Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran pemimpin dalam meningkatkan kinerja SDM tenaga kependidikan di Universitas Islam Negeri Yogyakarta. Subyek penelitian ini adalah SDM tenaga kependidikan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bertujuan untuk menguji konsep dan teori dengan kenyataan dilapangan melalui pengukuran variabel serta angka dan menganalisisnya dalam bentuk angka. Analisis yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan analisis regresi sederhana. Dari hasil analisis data dengan menggunakan SPSS 18 dapat diketahui peran kepemimpinan melalui perhitungan motivasi t sig 0,013 < 0,05 kreatifitas 0,000 < 0,05 pengetahuan tentang kebijakan 0,020 < 0,05 dan motivasi kedepan 0,122 > 0,05 sehingga dapat disimpulkan variabel independen memiliki pengaruh terhadap kinerja SDM tenaga kependidikan. Pada perhitungan determinan (R2) diperoleh hasil 0,502 yang artinya bahwa variabel independen (X) mempengaruhi variabel dependen (Y) sebesar 5,2 %.

This study aims to examine the influence of the role of leaders in improving the performance of human resources education staff at Universitas Islam Negeri. The subject of this study is the human resources of education staff at UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. This study uses a quantitative method that aims to test concepts and theories with reality in the process through measuring variables and numbers and analyzing them in the form of numbers. The analysis used includes the validity test, reliability test, classic assumption test and simple regression analysis. From the results of data analysis using SPSS 18, it can be seen that leadership roles through the calculation of motivation t sig 0.013 <0.05 creativity 0,000 <0.05 knowledge about policies 0.020 <0.05 and forward motivation 0.122> 0.05 so it can be concluded that the independent variables have influence on the performance of human resources in education staff. In the calculation of the determinant (R2) the result is 0.502 which means that the independent variable (X) affects the dependent variable (Y) of 5.2%.

Kata Kunci : Kepemimpinan, Kinerja SDM, Tenaga Kependidikan

  1. S2-2019-405138-abstract.pdf  
  2. S2-2019-405138-bibliography.pdf  
  3. S2-2019-405138-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2019-405138-title.pdf