Laporkan Masalah

PENGARUH PENGGUNAAN MODUL BERBASIS ANDROID TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP MAHASISWA KEPERAWATAN TENTANG TRANSCULTURAL NURSING

APRIANI SUSMITA SARI, Elsi Dwi Hapsari, S.Kp., M.S., D.S.; Widyawati, S.Kp., M.Kes., Ph.D.

2019 | Tesis | MAGISTER KEPERAWATAN

Latar Belakang: Mahasiswa keperawatan perlu mengetahui cara merawat pasien dari berbagai latar belakang budaya agar dapat memberikan perawatan yang sesuai dengan kebutuhan pasien. Modul berbasis android digunakan sebagai media untuk menyampaikan informasi terkait transcultural nursing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul berbasis android terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap mahasiswa keperawatan tentang transcultural nursing. Metode penelitian: Rancangan penelitian adalah quasi experiment dengan pendekatan non equivalent (pre test and post test) control group design. Sampel berjumlah 94 responden. Kelompok intervensi (n=47) diberikan edukasi menggunakan modul berbasis android sedangkan kelompok kontrol (n=47) menggunakan modul cetak. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuesioner pengetahuan, sikap tentang transcultural nursing dan kuesioner kebermanfaatan dan kemudahan penggunaan modul berbasis android. Data penelitian dianalisis menggunakan paired t-test dan independent t test dengan tingkat signifikansi p<0,05. Hasil: Terdapat peningkatan yang signifikan pada aspek pengetahuan tentang transcultural nursing di kedua kelompok sebelum dan setelah diberikan edukasi (p<0,05). Tidak terdapat peningkatan yang signifikan pada aspek sikap tentang transcultural nursing di kedua kelompok sebelum dan setelah diberikan edukasi (p>0,05). Responden di kelompok intervensi merasakan kebermanfaatan dan kemudahan dalam menggunakan modul berbasis android (97,9% dan 91,5%). Kesimpulan: Bagi institusi pendidikan dapat mempertimbangkan penggunaan modul cetak dan modul berbasis android dalam proses pembelajaran transcultural nursing agar dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa dan mempersiapkan mahasiswa menjadi perawat yang peka terhadap budaya pasien.

Background: Nursing students need to know how to care for patients from various cultural backgrounds in order to be able to provide care that suits their needs. Android-based modules are used as a medium to give information related to transcultural nursing. This study aims to determine the effect of using android- based modules on improving the knowledge and attitudes of nursing students about transcultural nursing. Research method: The study design was a quasi-experiment with a non- equivalent approach (pretest and posttest) control group design. The sample amounted to 94 respondents. The intervention group (n = 47) was given education using an android-based module while the control group (n = 47) used a print module. The instruments used in this study were knowledge questionnaires, attitudes about transcultural nursing, perceived usefulness (PU) and perceived ease of use (PEOU) of android-based modules. The research data were analyzed using paired t-test and independent t test with a significance level of p<0.05. Results: There was a significant increase in the knowledge aspect of transcultural nursing in both groups before and after being given education (p<0.05). There was no significant increase in the attitude aspect of transcultural nursing in both groups before and after being given education (p>0.05). Respondents in the intervention group felt usefulness and easiness in using android-based modules (97.9% and 91.5%). Conclusion: For educational institutions can consider the use of printed modules and android-based modules in the transcultural nursing learning process in order to increase student knowledge and prepare students to become nurses who are sensitive to the patient's culture.

Kata Kunci : modul berbasis android, transcultural nursing, pengetahuan, sikap, mahasiswa keperawatan, android-based modules, transcultural nursing, knowledge, attitudes, nursing students.

  1. S2-2019-403414-abstract.pdf  
  2. S2-2019-403414-bibliography.pdf  
  3. S2-2019-403414-title.pdf  
  4. S2-2019-403414-ttableofcontent.pdf